Detail Karya Ilmiah

  • PENERAPAN METODE TECHNIQUE FOR OTHERS PREFERENCE BY SIMILARITY TO IDEAL SOLUTION PADA PENGUKURAN KUALITAS WEBSITE E – COMMERCE (Studi Kasus Universitas Trunojoyo Madura)
    Penulis : GILANG ABDURRACHMAN PUTRA
    Dosen Pembimbing I : SRI HERAWATI, S.KOM., M.KOM
    Dosen Pembimbing II :EKA MALA SARI R. S.KOM., M.KOM
    Abstraksi

    Perkembangan teknologi internet yang sangat pesat, ditandai dengan munculnya beberapa website e-commerce di Indonesia. Persaingan pasar yang terbatas membuat pihak manajemen harus melakukan inovasi perluasan pasar dengan memanfaatkan jaringan internet salah satunya layanan website e-commerce. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi kualitas terbaik dari sebuah website e-commerce, diantaranya kualitas konten, kualitas kemanan dan fitur-fitur lanjutan dari website e-commerce tersebut. Kualitas website merupakan salah satu faktor penting yang dapat menimbulkan kepercayaan pelanggan sehingga pelanggan akan melakukan kunjungan ulang ke website e-commerce tersebut. Pada penelitian ini, dilakukan implementasi metode Technique For Others Preference By Similarity To Ideal Solution (TOPSIS) untuk mendapatkan alternatif yang terbaik dengan menggunakan kriteria kualitas website yang sudah dimasukkan dan melalui tahap perangkingan. Dengan menggunakan sistem pengukuran kualitas website e-commerce ini, mampu mrmbantu pihak pengembang dan pengguna website e-commerce dalam memberikan preferensi alternatif serta merekomendasikan website yang paling bagus untuk calon pengguna sehingga menjadi salah satu faktor yang menentukan kesuksesan bisnis e-commerce. Dari penelitian yang telah dilakukan diketahui bahwa situs Tokopedia.com sebagai e-commerce terbaik dalam segi kualitas website dengan nilai 1,00 sedangkan Matahari.com menduduki peringkat terakhir dengan nilai 0,17.

    Abstraction

    The development of internet technology is very rapid, marked by several e-commerce websites in Indonesia. Limited market competition makes management have to innovate the market by utilizing the internet network, one of which is e-commerce website services. There are several factors that influence the best quality of e-commerce websites, the quality of the content they like, the quality of security and the advanced features of the e-commerce website. Website quality is one important factor that can attract the attention of customers so that customers will make a repeat visit to the e-commerce website. In this study, the application of the Technical Method For Others was carried out. Preference with Similarity to the Ideal Solution (TOPSIS) to get the best alternative using the quality criteria of a website that has been installed and used through ranking. By using this e-commerce website quality measurement system, it is able to help the e-commerce website developer and user in providing alternative preferences and gathering the best website for prospective users so that it becomes one of the factors that determine the success of e-commerce business. From the research that has been done on the site Tokopedia.com as the best e-commerce in terms of website quality with a value of 1.00 while Matahari.com is ranked last with a value of 0.17.

Detail Jurnal