Detail Karya Ilmiah

  • Abstraksi

    ABSTRAK Hasanudin, 170211200316. Analisis Multiple Intelligence Terhadap Motivasi Berprestasi Studi pada Unit Kegiatan Mahasiswa Kesenian Universitas Trunojoyo Madura dibawah bimbingan bapak Faidal SE. MM. Dari Multiple Intelligence kecerdasan intelektual (IQ), kecerdasan emosional (EQ), kecerdasan spiritual (SQ), kecerdasan adversitas (AQ), 4 variabel yang mempunyai pengaruh terhadap motivasi berprestasi Penelitian ini mengambil objek pada Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) dan Unit Kegiatan Mahasiswa Fakultas (UKMF) bidang Kesenian pada Perguruan Tinggi Universitas Trunojoyo Madura. Dengan jumlah responden sebanyak 70 mahasiswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kecerdasan intelektual (IQ), kecerdasan emosional (EQ), kecerdasan spiritual (SQ), kecerdasan adversitas (AQ), secara simultan dan secara parsial mempunyai pengaruh terhadap motivasi berprestasi mahasiswa. Metode pendekatan kuantitatif bisa diartikan sebagai metode penelitian yang digunakan untuk meneliti pada suatu populasi atau pada sampel tertentu. Pengumpulan data yang di ambil dari intrument penelitian, analisis data yang bersifat kuantitatif atau statistik dengan tujuan menguji hipotesis yang telah diterapkan. Hasil dari penelitian ini menjelaskan bahwa Kecerdasan intelektual (X1) berpengaruh positif terhadap Motivasi Berprestasi (Y). Kecerdasan Emosional 0,270 bernilai positif, sehingga bisa dikatakan bahwa Kecerdasan emosional (X2) berpengaruh positif terhadap Motivasi Berprestasi (Y). Kecerdasan Spiritual sebesar 0,160 bernilai positif, sehingga bisa dikatakan bahwa Kecerdasan Spiritual (X2) berpengaruh positif terhadap Motivasi Berprestasi (Y). Kecerdasan Adversitas sebesar 0,178 bernilai positif, sehingga bisa dikatakan bahwa kecerdasan Adversitas (X4) berpengaruh positif terhadap Motivasi Berprestasi (Y). Sedangkan hasil dengan nilai Beta tertinggi adalah variabel kecerdasan emosional sebesar 0,299. Dengan demikian, variabel kecerdasan emosional adalah variabel yang paling dominan. Kata kunci: kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional, kecerdasan spiritual kecerdasan adversitas, motivasi berprestasi. ?

    Abstraction

    ABSTRACT Hasanudin, 170211200316. Multiple Intelligence Analysis to Achievement Motivation (Study at Student Art Activity Unit in the University of Trunojoyo Madura), under the guidance of Mr. Faidal SE. MM. There are 4 variables were included in Multiple Intelligence: intellectual intelligence (IQ), emotional intelligence (EQ), spiritual intelligence (SQ), and adversity intelligence (AQ) that have effect on student achievement motivation in running the organization. The number of respondents are 70 students. The purposes are to determine the effect intellectual intelligence (IQ), emotional intelligence (EQ), spiritual intelligence (SQ), adversity intelligence (AQ) on student achievement motivation simultaneously and partially. Using the quantitative approach, multiple regression analysis, the results showed that intellectual intelligence (X1) has a positive and significant effect on Achievement Motivation (Y); Emotional Intelligence has a positive and significant effect on Achievement Motivation (Y); Spiritual Intelligence has a positive and significant effect on Achievement Motivation (Y); Adversity intelligence (X4) has a positive and significant effect on Achievement Motivation (Y). While the emotional intelligence is the dominant variable that effect on Achievement Motivation (Y) Keywords: intellectual intelligence, emotional intelligence, spiritual intelligence adversity intelligence, achievement motivation.

Detail Jurnal