Detail Karya Ilmiah
-
PENGARUH LITERASI HALAL LIFESTYLE TERHADAP MINAT MENGGUNAKAN PRODUK HALAL (Studi Kasus Mahasiswa Ekonomi Syariah di Madura)Penulis : IN AMUL HUSNADosen Pembimbing I : Lailatul Qadariyah, S.H.I., M.E.I.Dosen Pembimbing II :Abstraksi
Seorang muslim yang faham tentang halal lifestyle sejatinya akan sangat memperhatikan cara bergaya hidup mereka. Utamanya masyarakat yang kental akan pengetahuan agamanya, begitupun dengan mahasiswa ekonomi syariah di Madura yang notabennya selalu diajarakan bagaimana hidup seorang muslim yang sesuai dengan aturan syariat islam, atau halal lifestyle itu sendiri, mempunyai pemahaman (literasi) tentang halal lifestyle. Oleh sebab itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pemahaman/literasi yang bagus tentang halal itu berpengaruh terhadap minat, apakah orang yang mempunyai pengetahuan yang bagus itu pasti membeli produk halal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif, adapun teknik pengambilan datanya menggunakan kuesioner dengan Jumlah sampel sebanyak 96 dan teknik pengambilan sampelnya menggunakan rumus slovin. Analisis pengujian dalam penelitian ini menggunakan uji validitas, uji reabilitas, uji normalitas, regresi linier sederhana, uji T dan koefisien determinasi (R2). Hasil penelitian menunjukkan bahwa literasi halal lifestyle berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menggunakan produk halal (Studi Kasus Mahasiswa Ekonomi Syariah di Madura). Dengan koefisien thitung = 8,843 ? ttabel = 1,98552, dan nilai sig. sebesar 0,000 ? 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Adapun koefisien determinasinya sebesar 0,454 yang mengandung pengertian bahwa pengaruh literasi halal lifestyle (X) terhadap daya minat menggunakan produk halal sebesar 0,454 atau 45,4%.
AbstractionA Muslim who genuinelycomprehends halal lifestyle will surely upkeep to their lifestyle. Primarily a society that is copious with religious understanding, or students of Islamic economics in Madura whosehappened to be taught how to live in accordance with Islamic Shariah, as well as halal lifestyle itself, have an understanding of halal lifestyle. Therefore this study aims to determine whether the understanding or literacy of halal effect the interest, do people who have good knowledge certainly buy halal products. The method used in this study is a quantitative research method, while the data collection technique used questionnaire with a total sample of 96 whereasthe sampling usedSlovin formula. Analysis of the test in this study used validity test, reliability test, normality test, simple linear regression, T test and coefficient of determination (R2). The result shows that literacy of halal lifestyle has a positive and significant effect on the interest in using halal products (case study of Islamic Economics students in Madura). By means of the coefficient tcount=8.843 ? ttable = 1.98552, and the value of Sig of 0.000 ? 0.05, consequently Ho is rejected and Ha is accepted. The determination coefficient is 0.454 which implies that the influence of literacy of halal lifestyle (X) on the interest in using halal products is 0.454 or 45.4%.