Detail Karya Ilmiah

  • Perkembangan Emosi (Agresifitas) Anak Tunarungu dengan Pengasuhan Peran Ganda Ibu
    Penulis : Candra Sari Masito
    Dosen Pembimbing I : Siti Fadjryana Fitroh, MA
    Dosen Pembimbing II :Dwi Nurhayati Adhani,M.Psi
    Abstraksi

    Pengasuhan Peran Ganda pada Perilaku Agresif Fisik Anak Tunarungu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor penyebab agresif fisik anak tunarungu dan bentuk pengasuhan peran ganda ibu pada anak tunarungu yang berperilaku agresif. Penelitian ini menggunakan pendekatan metode kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 1 anak tunarungu. Penelitian menggunakan teknik pengumpulan data observasi pasrtisipasif, wawancara semiterstruktur dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data model Miles and Huberman. Pada penelitian ini terdapat faktor penyebab anak agresif tunarungu dan bentuk pengasuhan peran ganda anak agresif tunarungu. Faktor penyebab anak agresif terdiri dari faktor biologis, faktor keluarga, faktor sekolah dan faktor budaya. Faktor yang menyebabkan anak agresif dalam penelitian ini yaitu faktor dari keluarga. Bentuk pengasuhan peran ganda ibu adanya pengontrolan pada anak dan keharusan memberikan kehangatan pada anak. Berdasarkan hasil penelitian pada subjek dapat diketahui subjek memiliki faktor penyebab yang dominan berdasarkan latar belakang keluarga. Subjek ED yang kurang mendapat kasih sayang oleh ibunya karena kesibukannya, terlalu mendapat kebebsan dari ibu. Bentuk agresifnya yaitu fisik. DE sering memukul jika didekati dan mengambil secara paksa barang milik temannya. Peran ibu dalam pengasuhan kurang terkontrol dengan baik pada anak tunarungu, sehingga menyebabkan dia berperilaku agresif.

    Abstraction

    This study aims to determine the factors that cause deaf children's physically aggressive and the form of nurturing multiple roles of mothers in deaf children who behave aggressively. This study uses a qualitative method approach to the type of case study research. The subjects in this study amounted to 1 deaf child. The study used passive participatory observation data collection techniques, semi-structured interviews and documentation. This study uses data analysis techniques for the Miles and Huberman model. In this study there are factors that cause deaf aggressive children and the form of nurturing dual role of deaf aggressive children. Factors causing aggressive children consist of biological factors, family factors, school factors and cultural factors. Factors that cause children to be aggressive in this study are factors from the family. The form of nurturing the mother's dual role of controlling the child and having to provide warmth to the child. Based on the results of research on the subject can be seen that subjects who have a dominant factor dominating family background. ED subjects who did not get affection due to their busy schedule, also received freedom from the mother. The aggressive form is physical. DE often hits when approached and takes belongings. The role of the mother in care is poorly controlled in deaf children, causing her to behave aggressively.

Detail Jurnal