Detail Karya Ilmiah

  • Analisis Tingkat Berpikir Kritis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Berdasarkan Gaya Kognitif Reflektif dan Impulsif
    Penulis : Furwaningsih
    Dosen Pembimbing I : Ana Yuniasti Retno Wulandari, S.Pd., M.Pd
    Dosen Pembimbing II :Mochammad Yasir, S.Pd., M.Pd
    Abstraksi

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat berpikir kritis pada siswa bergaya kognitif reflektif dan impulsif. Jenis penelitian adalah mix method dengan penelitian sequential explanatory design. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes, dokumentasi, dan wawancara. Hasil tes berpikir kritis menunjukkan persentase untuk tingkat sangat kritis 0%, cukup kritis 25%, kurang kritis 42%, dan tidak kritis 33%. Berdasarkan hasil rata-rata tersebut menunjukkan bahwa tingkat berpikir kritis pada siswa sangat rendah. Kata Kunci: Berpikir Kritis, Gaya Kognitif

    Abstraction

    This study aims to determine the level of critical thinking in students' reflective and impulsive cognitive styles. This type of research is a mix method with sequential explanatory design research. Data collection was carried out using tests, documentation, and interviews. Critical thinking test results show the percentage for the very critical level is 0%, quite critical 25%, less critical 42%, and uncritical 33%. Based on the average results, it shows that the level of critical thinking in students is very low. Keywords: Problem Solving, Cognitive Style

Detail Jurnal