Detail Karya Ilmiah
-
Penerapan Model Pembelajaran CPS (Creative Problem Solving) Untuk Meningkatkan Collaborative Problem Solving Skill SiswaPenulis : Nur Irmiyanni AwaliyahDosen Pembimbing I : Ana Yuniasti Retno Wulandari, S.Pd., M.Pd.Dosen Pembimbing II :Mochammad Yasir, S.Pd., M.Pd.Abstraksi
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis keterlaksanaan pembelajaran setelah penerapan model pembelajaran creative problem solving dalam proses pembelajaran. Model pembelajaran creative problem solving berfokus pada materi pencemaran lingkungan. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif dengan design pre-experimental. Subjek pada penelitian ini adalah kelas VII A UPT SMP Negeri 10 Gresik tahun ajaran 2019/2020 yang terdiri dari 32 siswa. Teknik pengumpulan data berupa lembar keterlaksanaan. Hasil penelitian menunjukkan jumlah rata-rata dari keterlaksanaan pembelajaran sebesar 97% dengan kriteria hampir seluruh aktivitas terlaksana. Berdasarkan data hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran creative problem solving diterapkan pada materi pencemaran lingkungan saat proses pembelajaran dapat terlaksana dengan baik
AbstractionThis study aims to describe and analyze the feasibility of learning after the application of creative problem solving learning models in the learning process. Creative problem solving learning model focuses on environmental pollution material. This type of research is quantitative research with a pre-experimental design. The subjects in this study were class VII A UPT Middle School 10 Gresik in the 2019/2020 school year consisting of 32 students. Data collection techniques in the form of feasibility sheets. The results showed an average number of learning outcomes of 97% with the criteria for almost all activities carried out. Based on the research data it can be concluded that the creative problem solving learning model is applied to environmental pollution material when the learning process can be implemented well