Detail Karya Ilmiah

  • Penerapan Model PjBL Berpendekatan Science Edutainment Terhadap Keterampilan Pemecahan Masalah Kreatif Siswa
    Penulis : Alfia Nur Safitri
    Dosen Pembimbing I : Yunin Hidayati, S.Si.,M.Si.
    Dosen Pembimbing II :Mochammad Yasir, S.Pd.,M.Pd.
    Abstraksi

    Penilitian ini bertujuan untuk mengetahui respon siswa setelah pembelajaran IPA terpadu menggunakan model PjBL berpendekatan science edutainment. Metode penelitian yang digunakan adalah pre-eksperimen dengan One Group Pretest-Posttest Design. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa dari kelas VII-A UPTD SMP Negeri I Tragah tahun pelajaran 2019/2020 dengan 25 responden. Data dikumpulkan dengan menggunakan angket untuk mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran IPA. Hasil data yang telah diperoleh dianalisis secara deskriptif kuantitatif dalam hal persentase dengan bantuan Microcoft Excel. Data persentase yang diperoleh dianalisis dengan menyesuaikan kategori yang ada. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua aspek yang terkandung dalam angket respon siswa menunjukkan 74% dengan kriteria baik. Hal ini menunjukkan sebagian besar siswa memberikan respon positif terhadap pembelajaran IPA dengan penggunaan model PjBL berpendekatan science edutainment. Kata Kunci: Model PjBL, Pembelajaran IPA, Pendekatan science edutainment, Respon Siswa

    Abstraction

    This research aims to determine student responses after integrated science learning using the PjBL model with the approach of science edutainment. The research method used was pre-experiment with One Group Pretest-Posttest Design. The subjects in this study were students from class VII-A UPTD Middle School I Tragah 2019/2020 school year with 25 respondents. Data was collected using a questionnaire to determine student responses to science learning. The results of the data obtained were analyzed descriptively quantitatively in terms of percentages with the help of Microcoft Excel. Percentage data obtained were analyzed by adjusting existing categories. The results showed that all aspects contained in the student response questionnaire showed 74% with good criteria. This shows that most of the students responded positively to the learning of science by using the PjBL model with science edutainment approach. Keywords: PjBL Model, Science Learning, Science Edutainment Approach, Student Response

Detail Jurnal