Detail Karya Ilmiah

  • PENGEMBANGAN MODUL IPA BAHAN PEWARNA PADA BATIK BANYUATES MADURA
    Penulis : MOH.JAILANI
    Dosen Pembimbing I : LAILA KHAMSATUL M, S.Si., M.Si
    Dosen Pembimbing II :WIWIN PUSPITA HADI S.Si., M.Pd
    Abstraksi

    Penelitian yang dilakukan ini bertujuan untuk pengunaan media modul IPA bahan pewarna pada batik banyuates madura terhadap siswa kelas VIII MTs Al Istikmalunnajah. Pengembangan modul IPA dapat membantu peserta didik dalam mengetahui tentang budaya batik dari khas Indonesia lebih khususnya batik banyuates madura pada materi Zat aditif. Populasi siswa kelas VIII tahun ajaran 20219/2020. Teknik pengumpulan data mengunakan angket media, angket materi serta angket respons siswa dan hasil yang di peroleh menggunakan rumus presentase. Pada angket media mendapatkan nilai rata-rata 90% dan reabilitas mempunyai nilai 98% sehingga mendapatkan kriteria penilaian sangat valid (layak di gunakan tanpa revisi) dan sangat variabel, angket materi nilai rata-rata 85% dan reabilitasnya 93% dan sehingga mendapatkan kriteria penilaian sangat valid ( Layak di gunakan tanpa revisi) dan sangat variabel serta hasil yang di dapatkan pada angket siswa mendaptkan nilai rata-rata 88% dan mempunyai kriteria sangat tinggi. Hasil kesimpulan di atas bahwa modul IPA bahan pewarna pada batik banyuates madura layak di gunakan serta siswa mengetahui tentang budaya batik dan bisa digunakan di sekolah. Kata kunci : Model 4D, Modul IPA, Bahan pewarna Batik.

    Abstraction

    This research aims to use the coloring module media on dye banyuates madura batik for eighth grade students of MTs Al Istikmalunnajah. The development of natural science modules can help students in knowing about batik culture from Indonesia more specifically batik banyuates madura on additive substances. The population of class VIII students is academic year 20219/2020. Data collection techniques using media questionnaires, material questionnaires and student responses questionnaire and the results obtained using the percentage formula. The media questionnaire received an average value of 90% and reliability had a value of 98% so that the assessment criteria were very valid (worth using without revision) and very variable, the material questionnaire was 85% average and 93% reliability and so getting the assessment criteria is very valid (Feasible to use without revision) and very variable and the results obtained on the student questionnaire get an average value of 88% and have very high criteria. The results of the above conclusion that the science module coloring materials on banyuates madura batik is appropriate to use and students know about batik culture and can be used at school. Keywords:4D model, Natural Sciences Module, Batik dyes.

Detail Jurnal