Detail Karya Ilmiah

  • Analisis Kemampuan Berpikir Kritis dan Metakognisi Siswa SMP pada Materi Pemanasan Global
    Penulis : Alfina Kamaliyah
    Dosen Pembimbing I : Laila Khamsatul Muharrami, S.Si., M.Si.
    Dosen Pembimbing II :Mocammad Yasir, S.Pd., M.Pd.
    Abstraksi

    Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan faktor yang mempengaruhi kemampuan berpikir kritis dan metakognisi siswa pada materi pemanasan global. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subyek yang digunakan sebanyak 7 siswa kelas VII di Parengan Maduran Lamongan. Instrumen yang digunakan adalah soal tes essay tentang materi pemanasan global dan lembar wawancara. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa faktor yang mempengaruhi kemampuan berpikir kritis adalah kemampuan menganalisis soal, tidak menguasai konsep, dan sumber belajar yang sedikit. Sedangkan faktor yang mempengaruhi kemampuan metakognisi adalah kesiapan belajar, motivasi belajar, tidak merencanakan strategi yang baik untuk digunakan dalam menyelesaikan soal, tidak menyadari kesalahan dalam memahami konsep, tidak melakukan evaluasi dengan baik. Kata Kunci: Kemampuan berpikir kritis, kemampuan metakognisi, pemanasan global

    Abstraction

    The aims of the research were to describe determine critical thinking and metacognition skill on global warming material. The research is a descriptive qualitative. The subject used are 7 students of seventh-grade in Parengan Maduran Lamongan. Instruments used are essay test about global warming and interview form. Data that has been collected is the reduct and analiyzed by researcher. The results showed Factors that influence critical thinking skill are ability to analye problem, not understand the concept, and few learning resource.while factors that influence metacognition skill are study readiness, study motivation, do not good strategy plan for solving problems, nor aware of errors in the concept and the results, not evaluating or if conducting an evaluation will appear confused or unclear about the results. Keywords: critical thinking skill, metacognition skill, global warming.

Detail Jurnal