Detail Karya Ilmiah
-
Analisis Miskonsepsi Siswa pada Materi Tekanan Zat di SMP Menggunakan Four Tier Diagnostic TestPenulis : Muhabbatun Nisa'Dosen Pembimbing I : Fatimatul Munawaroh, S.Si., M.SiDosen Pembimbing II :Mochammad Yasir, S.Pd., M.PdAbstraksi
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persentase miskonsepsi siswa pada materi tekanan zat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian gabungan dengan desain penelitian Explanatory Sequential Design dan dilaksanakan di UPTD SMPN 2 Bangkalan. Sampel penelitian yaitu kelas VIII G menggunakan teknik Purposive Sampling. Instrumen yang digunakan adalah soal tes berupa Four Tier Diagnostic Test dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 27% siswa mengalami miskonsepsi pada meteri tekanan zat, 30% siswa paham konsep, 30% siswa tidak paham konsep dan 13% siswa mengalami Error. Kata Kunci: Four Tier Diagnostic Test, Miskonsepsi, Tekanan Zat
AbstractionThis study aims to know the percentage of students misconceptions of pressure materials. This study used a combined research method with Explanatory Sequential design and was carried out at UPTD SMPN 2 Bangkalan. The sample of the research used purposive sampling technique. The instrument used was a test item in the form of a Four Tier Diagnostic Test and interview. The result of the study showed that 27% of students experience misconceptions on substance pressure material, 30% of students understand the concept, 30% of student don’t understand the concept and 13% of student encountered an error. Keywords: Four Tier Diagnostic Test, Misconceptoins, Pressure Materials