Detail Karya Ilmiah

  • Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal HOTS pada Materi Tekanan pada Zat Berdasarkan Prosedur Newman
    Penulis : LAILATUN NAJAHAH
    Dosen Pembimbing I : MOCHAMMAD AHIED,S.Si.,M.Si.
    Dosen Pembimbing II :IRSAD ROSIDI, S.Pd., M.Pd.
    Abstraksi

    Tujuan penelitian ini adalah mengetahui kemampuan, dan jenis kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal HOTS. Penelitian ini merupakan penilitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian diambil 3 dari 15 siswa yang mengikuti tes soal HOTS yang terdiri dari siswa berkemampuan tinggi, siswa berkemampuan sedang, dan siswa berkemampuan rendah. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal HOTS diperoleh 3 siswa berkemampuan penyelesaian soal tinggi, 4 siswa berkemampuan penyelesaian soal sedang dan 8 siswa berkemampuan penyelesaian soal rendah. Jenis kesalahan yang dilakukan siswa berupa kesalahan membaca (reading errors), kesalahan memahami (comprehension errors), kesalahan penulisan rumus (transformation errors), kesalahan keterampilan proses (process skill errors), dan kesalahan penentuan jawaban akhir (encoding error). Penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi penelitian selanjutnya dengan menyertakan cara yang tepat untuk mengatasi kesalahan siswa dengan memperdalam literasi yang digunakan sebagai penguat teori.

    Abstraction

    The purpous of this study was to find out the ability and type of error made by students. This is a type of descriptive qualitative research. The subjects in this research are taken from 3 stutends from 15 students that have already joined the HOTS test. Those subjects are including high capability students, standart capability students, and also low capability students. The data analysis techniques using the Miles and Huberman models. Based on the results of the study, it can be concluded that the ability of students to solve HOTS questions obtained 3 students with high problem-solving skills, 4 students with medium problem-solving skills, and 8 students with low problem-solving skills. Types of errors made by students in the form of reading errors, misunderstanding (comprehension errors), error writing formula (transformation errors), Process skill errors, and errors in determining the final answer (encoding error). This research is expected to be a reference for further analysis by including appropriate ways to overcome students' mistakes by deepening the literacy used as a reinforcement of the theory.

Detail Jurnal