Detail Karya Ilmiah

  • Profil Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas VIII MTs Al-Djufri Pada Materi Getaran Gelombang dan Bunyi Ditinjau Dari Gender
    Penulis : Noer Fatimah
    Dosen Pembimbing I : Yunin Hidayati, S.Si., M.Si.
    Dosen Pembimbing II :Wiwin Puspita Hadi, S.Si., M.Pd.
    Abstraksi

    Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan proses sains siswa kelas VIII MTs Al-Djufri pada materi getaran, gelombang, dan bunyi ditinjau dari gender. Jenis penelitian adalah kuantitatif dengan metode deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes dan dokumentasi. Hasil tes keterampilan proses sains siswa laki-laki maupun siswa perempuan menunjukkan persentase untuk kategori sangat tinggi 0%, tinggi 0%, cukup 6% (siswa laki-laki) dan 9% (siswa perempuan), rendah 15% (siswa laki-laki) dan 24% (siswa perempuan) serta sangat rendah 30% (siswa laki-laki) dan 15% (siswa perempuan). Berdasarkan hasil rata-rata tersebut menunjukkan bahwa keterampilan proses sains siswa berada pada kategori sangat rendah pada siswa laki-laki dan kategori rendah pada siswa perempuan. Kata Kunci: Getaran Gelombang dan Bunyi, Keterampilan Proses Sains

    Abstraction

    This study aims to describe the science process skills of VIII Class MTs Al-Djufri Students on vibration, wave and sound material in terms of gender. This type of research is a quantitative with descriptive methods. Data collection was carried out using tests, and documentation. The results of the science process skills test of male and female students show the percentage for the very high category 0%, high 0%, quite 6% (male students) and 9% (female students), low 15% (male students) and 24% (female students) and very low 30% (male students) and 15% (female students). Based on the average results, it shows that the students science process skills are in the very low category in male students and low category in female students. Keywords: Vibration Wave and Sound, Science Process Skills

Detail Jurnal