Detail Karya Ilmiah
-
Analisis Pemahaman Konsep Siswa melalui Two Tier Multiple Choice Test pada Materi Getaran, Gelombang dan BunyiPenulis : Siti AnisahDosen Pembimbing I : Laila Khamsatul Muharrami, S. Si., M. SiDosen Pembimbing II :Nur Qomaria, S. Pd., M. PdAbstraksi
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi pemahaman konsep SMP di Desa Kedung dowo, Kecamatan Balen, Kabupaten Bojonegoro pada materi getaran gelombang dan bunyi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif . Populasi penelitian yaitu semua siswa kelas VIII Tahun Ajaran 2019/2020 yang berdomisili di Desa kedung dowo, Kecamatan Balen, Kabupaten Bojonegoro. Pengambilan sampel menggunakan teknik nonprobability sampling jenis purposive sampling. Data dikumpulkan dengan mengunakan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor yang mempengaruhi pemahaman konsep siswa berdasarkan hasil wawancara yaitu minat belajar, metode pembelajaran, intuisi yang salah dan kemampuan siswa. Kata kunci: getaran, gelombang dan bunyi, pemahaman konsep siswa, two tier multiple choice test.
AbstractionThe purpose of this research is to know the factors that affect conceptual understanding of junior high school students in Kedung dowo Village, Balen district, Bojonegoro Regency on vibration waves and sound material. The research used qualitative methods .The research population is all student eight grade in scholl year 2019/2020 domicile in Kedung dowo Village, Balen district, Bojonegoro. The sampling technique used in this research was nonprobability sampling with the type of purposive sampling. Data were collected by using interview. The result of the research indicated that factors that affected students’concept understanding based on interview were interest in learning, learning methods, wrong intution and student ability. Keywords: students’ conceptual understanding, two tier multiple choice test, waves vibration and sound