Detail Karya Ilmiah

  • ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA MATERI PEMANASAN GLOBAL
    Penulis : Kurniawan Hadi Prasetyo
    Dosen Pembimbing I : Laila Khamsatul Muharrami, S.Si., M.Si
    Dosen Pembimbing II :Nur Qomaria, S.Pd., M.Pd.
    Abstraksi

    Penelitian ini menganalisis kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi pemanasan global. Penelitian ini bertujuan untuk: mengetahui tingkat kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi pemanasan global dan mengetahui faktor penunjang kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi pemanasan global. Penelitian ini menggunakan metode campuran (mixed methods). Responden yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 15 siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes essay sebanyak 5 soal dan pedoman wawancara. Berdasarkan empat indikator yang dianalisis, indikator memahami masalah, menyusun rencana, melaksanakan rencana penyelesaian dan mengecek kembali. Adapun faktor yang menunjang kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi pemanasan global terdiri dari faktor eksternal yang meliputi model atau metode pembelajaran dan motivasi dari guru dan faktor internal yang terdiri dari minat, intelegensi dan kemampuan kognitif siswa

    Abstraction

    This study analyzes students' problem solving abilities on global warming material. This study aims to: determine the level of problem solving ability of students on the subject of global warming and determine the factors supporting the ability of problem solving students on the subject of global warming. This research uses mixed methods. Respondents used in this study were 15 students. The instrument used was an essay test of 5 questions and interview guidelines. Based on the four indicators analyzed, the indicators understand the problem, draw up a plan, carry out a settlement plan and recheck. The factors that support students 'problem solving abilities on global warming material consist of external factors which include learning models or methods and motivation from teachers and internal factors consisting of students' interests, intelligence and cognitive abilities

Detail Jurnal