Detail Karya Ilmiah
-
ANALISIS MISKONSEPSI SISWA PADA MATERI SUHU DAN KALOR MENGGUNAKAN THREE TIER DIAGNOSTIK TESTPenulis : M. Ali FikriDosen Pembimbing I : Yunin Hidayati,S.Si.,M.Si.Dosen Pembimbing II :Irsad Rosidi,S.Pd.,M.Pd.Abstraksi
penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor penyebab terjadinya miskonsepsi siswa pada materi suhu dan kalor. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif. Subjek penelitian yaitu kelas VII_A dengan jumlah 20 siswa di SMPN 2 Burneh Bamgkalan tahun ajaran 2019/2020. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara untuk mengetahui penyebab miskonsepsi siswa. Hasil penelitian menunjukkan; faktor penyebab miskonsepsi siswa pada materi suhu dan kalor ialah: 1) minat belajar siswa rendah; 2) kemampuan siswa rendah; 3) konteks; 4) sumber belajar; 5) intuisi siswa; 6) kemampuan guru.
AbstractionThis study aim to determine the factors that influence the occurrence of student misconceptions on the material temperature and heat. The method used in this research is descrptive methode. Subject the resaerch is students of class VII_A amounting 20 students in SMP Negeri 2 Burneh even 2019/2020 school year. Data was collected using interview methods to determine the causes of misconception. The result of the reseach indicate that: 1) student learning interest is low 2) low student ability 3) context 4) learning resources 5) student intuition 6) teacher ability.