Detail Karya Ilmiah
-
ANALISIS KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS VII PADA MATERI PERUBAHAN IKLIMPenulis : LUTFIAH KHOIRUS SALMIDosen Pembimbing I : YUNIN HIDAYATI S.Si., M.SiDosen Pembimbing II :IRSAD ROSIDIAbstraksi
Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui keterampilan berpikir kreatif tes tertulis siswa dalam menyelesaikan soal materi perubahan iklim.Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu gabungan (kuantitatif dan kualitatif) dengan model dominant less - dominant design.Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses berpikir kreatif siswa kelas VII pada kategori tinggi melakukan tahap proses berpikir kreatif menurut teori Wellas (persiapan, inkubasi, iluminasi, dan verifikasi) dengan baik, sedangkan kategori sedang dan rendah mengalami kendala pada tahapan iluminasi dan verifikasi dalam proses berpikir kreatif.
AbstractionThis research to aim student’s critical thinking skill on writing test of climate change question. The method used in this research is mix method (quantitative and qualitative) with dominant model – less dominant design. The instrument used in this study was a interview guide sheet. The results showed that the creative thinking processesin the high category do the stages of creative thinking processes according to Wellas theory (preparation, incubation, illumination and verification) well, while the medium and low categories have problems at the stages of illumination and verification in the creative thinking process.