Detail Karya Ilmiah

  • ANALISIS KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS PESERTA DIDIK PADA MATERI GETARAN GELOMBANG DAN BUNYI
    Penulis : Septiana Alifiyah
    Dosen Pembimbing I : Ana Yuniasti Retno Wulandari, S.Pd., M.Pd
    Dosen Pembimbing II :Wiwin Puspita Hadi, S.Si., M.Pd
    Abstraksi

    Kemampuan representasi matematis merupakan aspek merepresentasikan kembali suatu konsep yang telah dipelajari melalui berbagai cara aksi dan ekspresi. Kemampuan representasi matematis perlu dimiliki karena memudahkan peserta didik untuk mengemukakan suatu konsep. Tujuan penelitian ini adalah mengetahuin kemampuan representasi matematis peserta didik pada materi getaran, gelombang dan bunyi. Sampel penelitian ini adalah 20 peserta didik kelas VIII UPTD SMPN 3 Bangkalan. Data dikumpulkan dengan menggunakan tes kemampuan representasi matematis. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata – rata kemampuan representasi matematis peserta didik pada materi getaran gelombang dan bunyi adalah 48,92 dan masih termasuk pada kategori sedang.

    Abstraction

    The ability of mathematical representation is an aspect of rerepresenting a concept that has been learned through various actions and expressions. The ability of mathematical representation needs to be owned because it makes it easier for learners to submit a concept. The purpose of this research is to study the ability of mathematical representation of students in vibration, wave and sound materials. This research sample is 20 learners class VIII UPTD SMPN 3 Bangkalan. Data collected using mathematical representation ability test. The data analysis techniques used are descriptive statistics. The results showed that the average mathematical representation ability of the learners on wave vibration and sound material was 48.92 and still belongs to the medium category.

Detail Jurnal