Detail Karya Ilmiah
-
Analisis Pemahaman Konsep Siswa Siswa SMP Pada Materi Getaran, Gelombang dan Bunyi Menggunakan Two-Tier TestPenulis : SafitriDosen Pembimbing I : Laila Khamsatul Muharrami, S.Si., M.Si.Dosen Pembimbing II :Wiwin Puspita Hadi, S.Si.,M.Pd.Abstraksi
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat pemahaman konsep siswa dan faktor yang mempengaruhi pemahaman konsep siswa SMP kelas VIII di Desa Banyuwangi Kecamatan Manyar Kabupaten Gresik pada materi getaran, gelombang dan bunyi. Penelitian ini menggunakan metode gabungan (kuantitatif dan kualitatif) dengan model dominant-less dominant design. Data dikumpulkan dengan menggunakan tes pemahaman konsep dalam bentuk two-tier test dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) tingkat pemahaman konsep siswa rata-rata tergolong sedang, 2) Faktor yang mempengaruhi pemahaman konsep siswa berdasarkan hasil wawancara yaitu cara atau proses belajar, kemampuan kognitif siswa dan minat belajar siswa. Kata Kunci: Pemahaman Konsep, Two-tier Test
AbstractionThe purpose of this research is to determine the level of students understanding concepts and factors that influence the understanding of the concept of eight grade junior high school students in Banyuwangi village, Manyar district, Gresik regency on vibration wave and sound material. The research used a mix method (quantitative and qualitative) with the dominant-less dominant design model. The data is collected by using concept understanding test in the form of two tier test and interview. The results showed that: 1) The average level of students understanding concepts is moderate , 2) Factors that influence students understanding of concepts based on the results of the interview are ways or processes of learning, student interest to learn and student ability. Keywords: Concept Understanding, Two-tier Test