Detail Karya Ilmiah
-
Efektivitas Model Pembelajaran PBI dengan Pendekatan Open Ended Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis SiswaPenulis : Fadlun NisakDosen Pembimbing I : Yunin Hidayati, S.Si., M.SiDosen Pembimbing II :Mochammad Yasir, S.Pd., M.PdAbstraksi
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan model pembelajaran PBI dengan pendekatan Open Ended terhadap keterampilan berpikir kritis siswa. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimental design dengan nonequivalent control group design dan dilaksanakan di SMP Negeri 5 Bangkalan dengan populasi seluruh kelas VII. Teknik pengambilan sampel yang digunakan purposive sampling dengan sampel yang akan diteliti dua kelas yaitu kelas VII A sebagai kelas ekspeirmen dan kelas VII B sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data menggunakan uji t Sampel Bebas. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran PBI dengan pendekatan Open Ended tersebut efektif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis yang dimiliki siswa dengan hasil signifikansi 0,000 < 0,05, dan –thitung < ttabel < thitung , -7,29 < 1,671 < 7,29, yang berarti H0 ditolak dan H1 diterima.
AbstractionThis study aims to determine the implementation of PBI learning models with the Open Ended approach to students' critical thinking skills. The research used a quasi-experimental method with a nonequivalent control group design and was conducted at SMPN 5 Bangkalan with a population of the whole class VII. The employed sampling technique was purposive sampling The sampling consists of 2 classes, namely class VII A as the expiry class and class VII B as the control class. The data analysis technique uses the free sample t test. Based on the results of the study it can be concluded that the PBI learning model with the Open Ended approach is effective to improve the critical thinking skills of students with a significance result of 0,000 < 0,05, and –thitung < ttabel < thitung , -7,29 < 1,671 < 7,29, which means H0 is rejected and H1 is accepted.