Detail Karya Ilmiah

  • REDUKSI MISKONSEPSI SISWA KELAS VIII PADA KONSEP TEKANAN ZAT MELALUI MODEL PEMBELAJARAN ECIRR
    Penulis : Oktavia Damayanti Aji Putri
    Dosen Pembimbing I : Mochammad Ahied, S.Si., M.Si.
    Dosen Pembimbing II :Wiwin Puspita Hadi, S.Si., M.Pd.
    Abstraksi

    Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keterlaksanaan pembelajaran dan respon siswa dalam pembelajaran IPA setelah diterapkannya model pembelajaran ECIRR. Metode penelitian merupakan penelitian eksperimen. Subjek penelitian yaitu siswa kelas VIII-A yang berjumlah 32 siswa di MTsN Bangkalan tahun ajaran 2019/2020. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi untuk mengetahuiketerlaksanaan pembelajaran dan metode angket untuk mengetahui respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan: (1) model pembelajaran ECIRR dapat terlaksana dengan baik dengan persentase keterlaksanaan sebesar 100%, (2) respon siswa terhadap model pembelajaran ECIRR sangat baik dengan rata-rata persentase sebesar 82%.

    Abstraction

    This study aims to discover the implementation and the response of students in learning science after using ECIRR learning model. The research by experimental. Subject the research is students of lass VIII-A amounting 32 students in MTsN Bangkalan even 2019/2020 school year. Data was collected using observation methods to determine the enforceability of learning, and a questionnaire method to determine the response of students. The result showed that: (1) the ECIRR learning model can be implemented very well with percentage og 100% feasibility, (2) student responses to the model ECIRR learning is very good with an average percentage of 82%

Detail Jurnal