Detail Karya Ilmiah

  • Hubungan Kecerdasan Emosional dan Manajemen Diri dengan Hasil Belajar Siswa SMK Kelas X pada Materi Komunikasi Daring
    Penulis : Fitri Hidayah
    Dosen Pembimbing I : Muchamad Arif, S.Pd., M.Pd
    Dosen Pembimbing II :Laili Cahyani, S.Kom., M.Kom
    Abstraksi

    ABSTRAK Keberhasilan dalam proses belajar dapat dilihat dari hasil belajar yang dicapai oleh siswa. ada beberapa faktor yang mempengaruhi rendahnya hasil belajar siswa pada materi komunikasi daring kelas X di SMK Negeri 1 Labang Bangkalan yaitu masih rendahnya kecerdasan emosional siswa dan manajemen diri siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) hubungan kecerdasan emosional dengan hasil belajar, (2) hubungan manajemen diri dengan hasil belajar, (3) hubungan kecerdasan emosional dan manajemen diri dengan hasil belajar siswa SMK kelas X pada materi komunikasi daring. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif, populasi dalam penelitian ini adalah kelas X RPL, X TKJ 1 dan X TKJ 2 yang terdiri dari 98 siswa, kemudian pengambilan sampelnya menggunakan teknik probability sampel dengan menggunakan cara simple random sampling sehingga yang dijadikan sampel pada penelitian ini sebanyak 79 siswa. data diperoleh dengan cara menyebarkan kuesioner dan dilakukan uji tes untuk mendapatkan hasil belajar siswa. Hasil uji normalitas yang dilakukan menunjukkan bahwa data kuesioner kecerdasan emosional terdistribusi normal Dhitung 0.097 < Dtabel 0.152 , dan manajemen diri terdistribusi normal Dhitung 0.075 < Dtabel 0.152, namun data hasil belajar tidak terdistribusi normal Dhitung 0.785 > Dtabel 0.152. sehingga uji hipotesis menggunakan uji non parameterik uji korelasi peringkat kendall dan uji korelasi peringkat Kendall konkordansi. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah sebagai beikut. (1) Zhitung = 7.662318109 > Ztabel = 1.96 menunjukkan bahwa ada hubungan yang positif dan signifikan antara kecerdasan emosional dengan hasil belajar dengan kontribusi sebesar 39% (2) Zhitung = 3.437459837 > Ztabel = 1.96 menunjukkan bahwa ada hubungan yang positif dan signifikan manajemen diri dengan hasil belajar dengan kontribusi sebesar 8% (3) X2hitug = 6083088.186 > X2tabel = 99.6169 menunjukkan bahwa ada hubungan yang positif dan signifikan antara kecerdasan emosional dan manajemen diri dengan hasil belajas siswa SMK Kelas X pada materi komunikasi daring dengan kontribusi sebesar 1.48%. Kata Kunci: kecerdasan emosional, manajemen diri, hasil belajar.

    Abstraction

    ABSTRACT Success in the learning process can be seen from the learning outcomes achieved by students. there are several factors that affect the low student learning outcomes in the online communication subject at 10th-grade students of 1st State Vocational High School Labang Bangkalan namely the low students' emotional intelligence and student self-management. This study aims to determine (1) the relationship of emotional intelligence with learning outcomes, (2) the relationship between self-management and learning outcomes, (3) the relationship of emotional intelligence and self-management with learning outcomes of 10th-grade of vocational high school students on online communication subject. This study is quantitative research, the population in this study is 10th-grade of RPL, 10th-grade of TKJ 1, and 10th-grade of TKJ 2 consisting of 98 students. to take the sample we used probability sampling techniques with simple random sampling so that the sample in this study is 79 students. Data obtained by distributing questionnaires and the tests to obtain student learning outcomes. Normality test result conducted showed that the emotional intelligence questionnaire data were normally distributed (Dvalue 0.097 < Dtable 0.152) and self-management were normally distributed (Dvalue 0.075 < Dtable 0.152). However learnig outcome data is not normally distributed (Dvalue 0.0785 < Dtable 0.152. Thus. The hypothesis test uses the nonparametric test of the kendall rank correlation test and the concordance kendall rangking test. The results of this study are as follows. (1) Zscore = 7.66> Ztable = 1.96, it shows that there is a positive and significant correlation between emotional intelligence and learning outcomes with a contribution of 39% (2) Zscore = 3.44> Ztable = 1.96, it indicates that there is a positive and significant correlation between self-management and learning outcomes with a contribution of 8% (3) X2score = 6083088,19> X2 table = 99.62, it shows that there is a positive and significant correlation between emotional intelligence and self-management with the learning outcomes of 10th-grade students of Vocational High School in online communication subject with a contribution of 1.48%. Keywords: Emotional Intelligence, self management, learning outcomes.

Detail Jurnal