Detail Karya Ilmiah

  • Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Kooperatif Tipe Take And Give Pada Mata Pelajaran Sistem Komputer Kelas X SMK
    Penulis : Andies Yuliansyah Junaedi
    Dosen Pembimbing I : Ariesta Kartika Sari, S.SI., M.Pd
    Dosen Pembimbing II :Nuru Aini, S.Kom., M.Kom
    Abstraksi

    Masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah pengembangan perangkat pembelajaran, dimana tujuan yang ingin dicapai adalah untuk mengetahui cara mengembangkan perangkat pembelajaran RPP, LKK, dan Modul dengan model 4-D. Untuk mengetahui validitas, efektifitas dan kepraktisan perangkat pembelajaran berbasis keterampilan informasi pada mata pelajaran perangkat eksternal materi sistem komputer di kelas X SMK Al Muhajirin Kabupaten Bangkalan Madura yang dikembangkan peneliti. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and development) yang mengacu pada model pengembangan 4 – D yang dikembangkan oleh S. Thagarajan, Dorothy S. Semmel, dan Melvyn I. terdiri dari tahap Define (pembatasan), Design (perancangan), Develop (pengembangan) dan Disseminate (penyebaran) yang dilaksanakan di kelas X SMK Al Muhajirin Kabupaten Bangkalan Subjek uji coba pengembangan perangkat adalah peserta didik kelas X TKJ tahun ajaran 2019-2020 yang berjumlah 22 orang. Instrument yang digunakan dalam pengumpulan data penelitian dibagi atas tiga yaitu format validasi format kepraktisan dan format keefektifan. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis data deskriptif. Berdasarkan hasil uji kevalidan dari para ahli dengan menggunakan koefisien validasi isi masing-masing untuk perangkat pembelajaran yaitu rencana pelaksanaan pembelajaran 81,6%, lembar kerja kelompok 85%, dan Modul 85,7 dinyatakan sesuai dengan kategori valid., hal ini mengindikasikan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan masih belum sempurna namun layak untuk digunakan.. Berdasarkan dari hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran rpp, lkk, dan modul pada mata pelajaran perangkat eksternal materi sistem komputer di kelas X TKJ yang dikembangkan memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Kata kunci : Pengembangan Perangkat, Perangkat Eksternal, Kevalidan Perangkat

    Abstraction

    The problem raised in this study is the development of learning tools, where the aim to be achieved is to find out how to develop learning tools for RPP, LKK, and Modules with 4-D models. To find out the validity, effectiveness and practicality of information skills-based learning tools in the subject of external devices computer system material in class X SMK Al Muhajirin Bangkalan Madura District developed by researchers. This type of research is research and development which refers to the 4-D development model developed by S. Thagarajan, Dorothy S. Semmel, and Melvyn I. consists of the Define, Design, and Develop stages. development) and Disseminate (dissemination) carried out in class X SMK Al Muhajirin Bangkalan District The test subjects for device development were class X TKJ students in the 2019-2020 school year, totaling 22 people. The instrument used in collecting research data was divided into three, namely the validation format of the practical format and the effectiveness format. The data obtained were then analyzed using descriptive data analysis. Based on the results of the validity test of the experts by using the content validation coefficient for each learning device that is learning implementation plan 81.6%, 85% group worksheets, and Module 85.7 stated in accordance with the valid category, this indicates that the device learning developed is still not perfect but is feasible to use. Based on the results of the study shows that the learning tools rpp, et al, and modules on external devices subjects computer system materials in class X TKJ that were developed meet valid, practical, and effective criteria. Keywords: Development of Devices, External Devices, Validity of Devices

Detail Jurnal