Detail Karya Ilmiah

  • PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN AIR BERBANTU VIDEO TUTORIAL DIPADU DENGAN METODE GAMIFICATION DI KELAS X SMK
    Penulis : Ragif Amrullah
    Dosen Pembimbing I : Ariesta Kartika Sari, S.Si.,M.Pd
    Dosen Pembimbing II :Etistika Yuni Wijaya, S.Pd.,M.Pd
    Abstraksi

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan modul dan LKK pada materi fungsi untuk kelas X SMK untuk digunakan dalam pembelajaran. Jenis penelitian adalah Research & Development (RnD) dan dikembangkan dengan menggunakan model pengembangan 4D. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan adalah Lembar Kerja Kelompok (LKK) dan modul pembelajaran. Rancangan uji coba yang terdiri dari tahap uji coba kelompok kecil. Subjek penelitian sampel kelas X-A TKJ SMK Negeri 1 Arosbaya. Teknik pengumpulan data berupa angket respon peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) persentase kelayakan LKK sebesar 77,78% dengan kategori baik, (2) persentase kelayakan modul sebesar 84,02% dengan kategori baik. Berdasarkan hasil penelitian, perangkat pembelajaran yang dikembangkan yakni modul dan LKK dapat dikatakan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran.

    Abstraction

    This study aims to determine the feasibility of modules and LKK on the function material for class X vocational schools to be used in learning. This type of research is Research & Development (RnD) and is developed using the 4D development model. The learning tools developed are Group Worksheets (LKK) and learning modules. The trial design consisted of a small group trial phase. The subject of the sample research class X-A TKJ SMK Negeri 1 Arosbaya. Data collection techniques in the form of questionnaire responses of students. The results showed that: (1) the percentage of LKK eligibility was 77.78% with a good category, (2) the percentage of module eligibility was 84.02% with a good category. Based on the results of the study, the learning tools developed namely modules and LKK can be said to be suitable for use in the learning process.

Detail Jurnal