Detail Karya Ilmiah

  • IDENTIFIKASI METAKOGNISI DALAM PEMECAHAN MASALAH KONVERSI BILANGAN PADA MATA PELAJARAN SISTEM KOMPUTER DITINJAU DARI KEPRIBADIAN SISWA.
    Penulis : Siti Qoriah Andriani
    Dosen Pembimbing I : Muchamad Arif, S.Pd., M.Pd.
    Dosen Pembimbing II :Laili Cahyani, S.Kom., M.Kom.
    Abstraksi

    Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mendeksripsikan atau menggambarkan metakognisi siswa dalam pemecahan masalah pada materi konversi bilangan mata pelajaran sistem komputer berdasarkan tipe kepribadian ekstrovert, introvert siswa SMK Arosbaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek yang digunakan adalah siswa kelas X TKJ A SMK 1 Arosbaya. Instrumen yang digunakan adalah angket kepribadian siswa, soal tes pemecahan masalah terhadap metakognisi siswa tentang materi konversi bilangan, dilanjutkan dengan wawancara hasil soal yang telah diberikan peneliti kepada sampel penelitian yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Data yang telah terkumpul kemudian direduksi, di triangulasi menggunakann triangulasi teknik dan sumber, kemudian dianalisis oleh peneliti. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa siswa dengan kepribadian ekstrovert memenuhi dua indikator metakognisi yaitu perencanaan dan pelaksanaan. Siswa dengan kepribadian introvert memenuhi tiga indikator metakognisi yaitu perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Kata Kunci : Metakognisi, Pemecahan Masalah, Tipe Kepribadian Ekstrovert & Introvert, Sistem Komputer.

    Abstraction

    Abstract This study aims to describe or describe the students' metacognition in solving problems in the material conversion of computer system subjects based on extroverted personality types, introverted students of Arosbaya Vocational School. This research use desciptive qualitative approach. The subjects used were students of class X TKJ A SMK 1 Arosbaya. The instrument used was a student personality questionnaire, problem solving test questions to students' metacognition about number conversion material, followed by interviews of the results of questions that were given by researchers to selected research samples by purposive sampling technique. The collected data is then reduced, triangulated using triangulation techniques and sources, then analyzed by researchers. The results of this study indicate that students with extroverted personalities meet two indicators of metacognition, namely planning and implementation. Students with introverted personalities meet three metacognition indicators namely planning, implementing and evaluating. Keywords: Metacognition, Problem Solving, Extroverted & Introverted Personality Types, Computer Systems.

Detail Jurnal