Detail Karya Ilmiah

  • Analisis Tingkat Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Ditinjau dari Gaya Kognitif Impulsif dan Reflektif pada Materi Prinsip Tata Letak Desain Grafis (Studi Kasus Siswa Kelas X TKJ-A di SMKS Al Muhajirin Arosbaya)
    Penulis : Dwi Kurniawati Nurani Ichsani
    Dosen Pembimbing I : Muchamad Arif, S.Pd., M.Pd.
    Dosen Pembimbing II :Prita Dellia, S.Kom., M.Kom.
    Abstraksi

    Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Tingkat Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Ditinjau dari Gaya Kognitif Impulsif dan Reflektif pada Materi Prinsip Tata Letak Desain Grafis (Studi Kasus Siswa Kelas X TKJ-A di SMKS Al Muhajirin Arosbaya). Dalam penelitian ini, gaya kognitif dikategorikan menjadi 2 kategori yaitu gaya kognitif impulsif dan gaya kognitif reflektif. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Langkah pertama yang dilakukan dalam penelitian ini adalah melakukan tes gaya kognitif MFFT (Matching Familiar Figure Test) untuk mengelompokkan siswa berdasarkan gaya kognitif impulsif dan reflektif. Selanjutnya peneliti memilih 4 subjek penelitian yang terdiri dari 2 siswa dengan gaya kognitif impulsif dan 2 siswa dengan gaya kognitif reflektif dengan pertimbangan dengan guru pengampu mata pelajaran desain grafis kelas X TKJ-A. Selanjutnya peneliti melakukan tes tingkat kemampuan berpikir kreatif untuk mengetahui tingkat kemampuan berpikir kreatif yang dimiliki oleh setiap subjek penelitian dengan materi prinsip tata letak desain grafis, kemudian melakukan wawancara semi terstrukutuntuk mendalami data mengenai tingkat kemampuan berpikir kreatif oleh setiap subjek penelitian yang ada. Adapun hasil penelitian yang diperoleh terdapat 2 subjek penelitian dengan kategori gaya kognitif impulsif memiliki kemampuan berpikir kreatif tingkat 1 (kurang kreatif) dan tingkat 2 (cukup kreatif), serta 2 subjek penelitian dengan kategori gaya kognitif reflektif memiliki kemampuan berpikir kreatif tingkat 4 (sangat kreatif) dan tingkat 3 (kreatif). Kata-Kata Kunci : Gaya Kognitif Impulsif dan Reflektif, Tingkat Kemampuan Berpikir Kreatif, Prinsip Tata Letak Desain Grafis

    Abstraction

    The purpose of this study was to determine the level of Creative Thinking Ability of Students in terms of Impulsive and Reflective Cognitive Style on Graphic Design Layout Material Principles (Case Study of Class X TKJ-A Students at SMKS Al Muhajirin Arosbaya). In this study, cognitive styles are categorized into 2 categories namely impulsive cognitive styles and reflective cognitive styles. This research uses a qualitative research approach with descriptive qualitative research. The first step taken in this research is to conduct a cognitive style test MFFT (Matching Familiar Figure Test) to classify students based on impulsive and reflective cognitive styles. Furthermore, the researchers chose 4 research subjects consisting of 2 students with impulsive cognitive style and 2 students with reflective cognitive style with consideration with the graphic design teacher subject X TKJ-A class. Next, the researchers conducted a test of the level of creative thinking ability to find out the level of creative thinking ability possessed by each subject of research with the principles of graphic design layout, then conducted semi-structured interviews to explore data about the level of creative thinking abilities by each existing research subject. The research results obtained are 2 research subjects with the category of impulsive cognitive style have the ability to think creatively level 1 (less creative) and level 2 (quite creative), and 2 research subjects with reflective cognitive style category have the ability to think creatively level 4 (very creative ) and level 3 (creative). Keywords : Impulsive and Reflective Cognitive Style, Level of Creative Thinking Ability, Layout Principles of Graphic Design

Detail Jurnal