Detail Karya Ilmiah

  • PENGEMBANGAN PERANGKAT MODEL PEMBELAJARAN LAPS-HEURISTIC MATA PELAJARAN ADMINISTRASI SISTEM JARINGAN KELAS XI SMKN 2 BANGKALAN
    Penulis : UMI LATHIFATUL FITRIA
    Dosen Pembimbing I : Medika Risnasari, S.ST., M.T
    Dosen Pembimbing II :Etistika Yuni Wijaya, S.Pd., M.Pd
    Abstraksi

    Penggunaan model pembelajaran yang tepat untuk mata pelajaran Administrasi Sistem Jaringan yaitu menggunakan model pembelajaran berbasis masalah. Namun berbanding terbalik dengan implementasinya, justru pembelajaran langsung seperti ceramah yang diterapkan didalam kelas. Hal ini membuat siswa cenderung pasif dan kurang tertarik mengikuti pembelajaran. Model pembelajaran yang digunakan oleh guru merupakan dasar yang dapat mempengaruhi jalannya proses pembelajaran, termasuk berpengaruh dalam tercapainya tujuan pembelajaran dan hasil belajar siswa. Penggunaan model pembelajaran tentu saja memerlukan perangkat pembelajaran yang dapat menunjang selama proses pembelajaran berlangsung. Tujuan dilakukannya penelitian ini yaitu untuk mengembangkan perangkat model pembelajaran laps-heuristic yang valid, praktis dan efektif untuk diterapkan pada mata pelajaran Administrasi Sistem Jaringan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model 4D yang terdiri dari empat tahapan penelitian yaitu: define, design, develop, dan disseminate. Penelitian ini dilakukan di SMKN 2 Bangkalan kelas XI TKJ yang memprogram mata pelajaran Administrasi Sistem Jaringan. Hasil dari penelitian ini diperoleh rata-rata hasil validasi untuk perangkat pembelajaran berupa RPP sebesar 84%, LKK 89.71%, tes hasil belajar 91.54% dan lembar observasi aktivitas siswa 91.35%. Hasil kepraktisan perangkat pembelajaran dinyatakan “Sangat Praktis”, hasil ini dapat diketahui dari prosentase skor yang didapatkan dari para validator diatas 75% semua sehingga dikategorikan sangat praktis. Hasil keefektifan perangkat pembelajaran belum diketahui dikarenakan pada saat proses penelitian ini sedang terjadi pandemi Covid-19 yang mengakibatkan peneliti tidak bisa melakukan uji coba produk. Simpulan dari penelitian ini yaitu perangkat pembelajaran yang dikembangkan memenuhi kriteria valid dan praktis sehingga dapat digunakan dalam proses pembelajaran dikelas. Kata Kunci : Perangkat Pembelajaran, Model Pembelajaran LAPS-Heuristic, Administrasi Sistem Jaringan.

    Abstraction

    The use of appropriate learning models for Network Systems Administration subjects is to use problem-based learning models. However, inversely proportional to its implementation, it is direct learning such as lectures that are applied in the classroom. This makes students tend to be passive and less interested in learning. The learning model used by the teacher is the basis that can influence the course of the learning process, including influencing the achievement of learning objectives and student learning outcomes. The use of learning models, of course, requires learning tools that can support during the learning process. The purpose of this research is to develop a valid, practical and effective laps-heuristic learning model to be applied to Network Systems Administration subjects. This research is a development research that uses a 4D model which consists of four stages of research, namely: define, design, develop, and disseminate. This research was conducted at Bangkalan Vocational High School 2 class XI TKJ which program Network Administration System subjects. The results of this study obtained the average validation results for learning tools in the form of lesson plans by 84%, LKK 89.71%, learning outcomes tests 91.54% and observation sheets of student activity 91.35%. The results of the practicality of the learning device stated "Very Practical", this result can be known from the percentage of scores obtained from the validators above all 75% so that it is categorized as very practical. The results of the effectiveness of the learning device are not yet known because during the research process the Covid-19 pandemic was happening which resulted in the researcher being unable to test the product. The conclusion of this research is that the learning device developed meets valid and practical criteria so that it can be used in the learning process in the classroom. . Keywords: Learning Tools, LAPS-Heuristic Learning Model, Network System Administration.

Detail Jurnal