Detail Karya Ilmiah

  • HUBUNGAN MANAJEMEN WAKTU DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI VIDEO EDITING KELAS X SMKN 1 KAMAL
    Penulis : Hamidatus Sholihah
    Dosen Pembimbing I : Muhamad Arif, S.Pd., M.Pd.
    Dosen Pembimbing II :Nuru Aini, S.Kom., M.Kom.
    Abstraksi

    Keberhasilan dalam proses belajar dapat diukur dari hasil belajar. Faktor yang mempengaruhi rendahnya hasil belajar siswa pada materi video editing kelas X di SMKN 1 Kamal, Bangkalan, yaitu masih rendahnya manajemen waktu yang dimiliki oleh siswa. Tujuan dari penelitian yang dilakukan yaitu untuk mengetahui Hubungan Manajemen Waktu dengan Hasil Belajar Siswa pada Materi Video Editing Kelas X SMKN 1 Kamal. Jenis penelitian ini yaitu kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini siswa kelas X SMKN 1 Kamal sebanyak 90 siswa. Data diperoleh dengan menyebarkan kuesioner dan dilakukan uji tes untuk mendapatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh thitung = 14,52534066 > ttabel = 1,987289865, artinya manajemen waktu berhubungan secara signifikan dengan hasil belajar siswa pada materi video editing. Nilai koefisien determinasi variabel X dengan variabel Y adalah 58,3%, hal ini menunjukkan bahwa manajemen waktu memberikan kontribusi atau sumbangan sebesar 58,3% terhadap hasil belajar siswa pada materi video editing. Sedangkan sisanya sebesar 41,7% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti. Kata kunci: manajemen waktu, hasil belajar, materi video editing.

    Abstraction

    Success in the learning process can be measured from learning outcomes. Factors those are affecting the low student learning outcomes in class X video editing material at SMK 1 Kamal, Bangkalan, namely the low time management owned by students. The purpose of the research carried out is to determine the Relationship between Time Management and Student Learning Outcomes in Class X Video Editing Material at SMK 1 Kamal. This type of research is quantitative. The subjects in this study were grade X students of SMKN 1 Kamal with 90 students. The data is obtained from distributing questionnaires and do some tests to obtain student learning outcomes. Based on the research results obtained tcount = 14.52534066> ttable = 1.987289865, meaning that time management is significantly related to student learning outcomes in video editing material. The coefficient of determination of variable X with variable Y is 58.3%, this shows that time management contributed as much as 58.3% to student learning outcomes in video editing material. While the remaining 41.7% is influenced by other factors which is not examined. Keywords: time management, learning outcomes, video editing material.

Detail Jurnal