Detail Karya Ilmiah

  • Pengembangan LKS Berbasis STEM Bermuatan Berpikir Kritis untuk Menumbuhkan Aktivitas Belajar pada Materi Instalasi Jaringan Lokal
    Penulis : Rifqatul Hasanah
    Dosen Pembimbing I : Medika Risnasari, S.ST., M.T
    Dosen Pembimbing II :Etistika Yuni Wijaya, S.Pd., M.Pd
    Abstraksi

    Penelitian ini bertujuan untuk mengembangankan bahan ajar berupa Lembar Kerja Siswa berbasis STEM bermuatan berpikir kritis, karena kurangnya minat belajar dan kurangnya kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini dilakukan di SMK At-Taufiqiyah dengan jumlah peserta didik 29. Model pengembangan yang digunakan adalah 4D (Define, Design, Develop, Diseeminate) tanpa disseminate. Data hasil penelitian pengembangan berupa persentase kelayakan yang diperoleh dari hasil uji validasi ahli materi 80% dinyatakan layak digunakan setelah revisi kecil dan hasil uji validasi ahli media 87.1% dinyatakan sangat layak. Hasil rata-rata gabungan validasi ahli diperoleh 83.55% dengan kriteria sangat layak. Berdasarkan hal tersebut maka disimpulkan bahwa produk pengembangan Lembar Kerja Siswa berbasis STEM bermuatan berpikir kritis dinyatakan layak digunakan sebagai penunjang bahan ajar. Kata Kunci: Lembar Kerja Siswa, STEM, dan Berpikir Kritis

    Abstraction

    This research aim to development teaching materials in the form of student worksheet based STEM charged with critical thinking, because lack of interest in learning and lack of students' critical thinking skills. This research object is studens 29 of vocational high school (SMK) At-Taufiqiyah. The development model used is 4D (Define, Design, Develop, Diseeminate) without dissemination. Development research data in the form of a percentage of eligibility obtained from the results material expert validation test 80% declared worthy of use after a small revision and validation results of media experts 87.1% declared very feasible. The combined average results of expert validation was obtained 83.55% with very decent criteria. Based on these then concluded that product development of student worksheet based STEM charged with critical thinking declared worthy of use as supporting teaching materials. Keywords: Student Worksheet, STEM, and Critical Thingking

Detail Jurnal