Detail Karya Ilmiah

  • Pengembangan Perangkat Model Pembelajaran Visual, Auditory, Kinestethic (VAK) Pada Materi Desain Jaringan Lokal (LAN) Kelas X TKJ di SMK Negeri 1 Labang
    Penulis : Mukhamad Dani Setyawan
    Dosen Pembimbing I : Ariesta Kartika Sari, S.Si., M.Pd
    Dosen Pembimbing II :Nuru Aini, S.Kom., M.Kom
    Abstraksi

    Abstrak Masalah dalam penelitian ini antara lain masih rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran komputer dan jaringan dasar. Model pembelajaran VAK (Visual Audio Kinestethic) merupakan sebuah model pembelajaran yang menggabungkan ketiga gaya belajar yang dimiliki oleh setiap siswa. Pada dasarnya model ini dikembangkan untuk dapat mengakomodir seluruh gaya belajar siswa agar dapat menerima proses pembelajaran dengan lebih efektif sesuai dengan kemampuan yang dimiliki oleh siswa. Penelitian bertujuan untuk mengembangkan perangkat model pembelajaran khususnya model pembelajaran VAK. Penelitian ini merupakan penelitian R&D menggunakan model 4D yang terdiri dari empat tahapan yaitu define, design, development, dan disseminate. kemudian perangkat pembelajaran tersebut diuji kevalidan, kepraktisan, dan keefektifannya. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 1 Labang kelas X TKJ yang memprogram mata pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar. Hasil penelitian ini diketahui rata-rata hasil validasi yang diperoleh perangkat pembelajaran yang meliputi RPP 84%, Lembar Observasi Aktivitas Guru 87.5%, Lembar Observasi Aktivitas Siswa 75.5%, Lembar Kerja Kelompok 72.5% dan Tes Hasil Belajar 77.5%. Kepraktisan perangkat pembelajaran dinyatakan “praktis”. Hasil tersebut diketahui dari keterangan yang diperoleh pada analisis kepraktisan yaitu “layak digunakan” dan “layak digunakan dengan perbaikan”. Keefektifan produk perangkat pembelajaran masih belum diketahui dikarenakan keterbatasan waktu dan kondisi pada saat penelitian dikarenakan hambatan dari pandemi virus corona di Indonesia khususnya daerah madura provinsi jawa timur yang termasuk zona merah penyebaran virus Covid-19 yang mengakibatkan peneliti tidak dapat melakukan tahap uji coba. Simpulan penelitian ini yaitu perangkat pembelajaran yang dikembangkan memenuhi keriteria valid dan praktis, sehingga sudah bisa dinyatakan dapat digunakan dalam proses pembelajaran di kelas. Kata Kunci: Perangkat Pembelajaran, Model pembelajaran, VAK (Visual Audio Kinestethic) dan model 4D, Komputer dan Jaringan Dasar.

    Abstraction

    Abstract Problems in this study include the low student learning outcomes in computer learning and basic networking. VAK (Visual Audio Kinestethic) learning model is a learning model that combines the three learning styles that each student has. Basically this model was developed to be able to accommodate all learning styles of students so that they can accept the learning process more effectively in accordance with the abilities possessed by students. The research aims to develop a set of learning models specifically the VAK learning model. This research is an R&D research using a 4D model consisting of four stages namely define, design, development, and disseminate. then the learning kit is tested for validity, practicality, and effectiveness. This research was conducted at Labang 1 Labang Vocational High School TKJ which program Computer and Basic Networks subjects. The results of this study note the average validation results obtained by learning tools which include RPP 84%, Teacher Activity Observation Sheet 87.5%, Student Activity Observation Sheet 75.5%, and Learning Outcomes Test 77.5%. The practicality of the learning device is stated as "practical". These results are known from the information obtained in the practicality analysis namely "feasible to use" and "feasible to use with improvement". The effectiveness of the learning device products is still unknown due to the limited time and conditions at the time of the study due to obstacles from the corona virus pandemic in Indonesia, especially the Madura region of East Java Province which is a red zone of the spread of the Covid19 virus which resulted in researchers being unable to carry out the testing phase. The conclusion of this research is that the learning tools developed meet the valid and practical criteria, so that it can be stated can be used in the learning process in class. Keywords: Learning Devices, Learning Models, Visual Audio Kinestethic VAK and 4D models, Computers and Basic Networks.

Detail Jurnal