Detail Karya Ilmiah

  • PROFIL BERPIKIR METAFORIS SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI SUBNETTING DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL KELAS XII TKJ SMKS AL HIKAM BANGKALAN
    Penulis : Kirana Galuh Paramitha
    Dosen Pembimbing I : Muchamad Arif, S.Pd., M.Pd
    Dosen Pembimbing II :Nuru Aini, S.Kom., M.Kom
    Abstraksi

    ABSTRAK Latar belakang yang terdapat pada penelitian ini yaitu siswa kurang dapat memahami materi sehingga guru menggunakan metode pembelajaran metaforis dalam proses belajar mengajar. tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui profil berpikir metaforis siswa ditinjau dari kemampuan awal. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa yang memiliki kemampuan awal tinggi, sedang, rendah. Penelitian ini menggunakan pendeatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui tes tulis dan wawancara, soal tes berbentuk soal uraian materi subnetting. Hasil penelitian menunjukan bahwa; 1) siswa dengan kemampuan awal tinggi memenuhi 6 indikator yaitu, conncet, relate, explore, analyze, transform, dan experience; 2) siswa dengan kemampuan awal sedang memenuhi 5 indikator yaitu connect, explore, analyze, transform, dan experience, kurang mampu memenuhi indikator relate; 3) siswa dengan kemampuan awal rendah memenuhi 2 indikator yaitu, connect, expereince. Sedangan indikator relate, explore, analyze, trannsform belum dapat terpenuhi. Kata-kata Kunci: Kemampuan awal, berpikir metaforis, subnettting.

    Abstraction

    ABSTRACK The background in this study is that students are less able to understand the material so that teachers use metaphorical learning methods in the teaching and learning process. The purpose of this research is to find out the profile of metaphoric thinking students are reviewed from its initial ability. The subject in this study is a student who has an initial high, moderate, low ability. This research uses qualitative debiting with a type of qualitative descriptive research. Data collection techniques through writing and interviewing tests, questions in the form of subnetting material description. The results showed that; 1) Students with high initial ability meet 6 indicators which is , conncet, relate, explore, analyze, transform, and experience; 2) Students with moderate initial ability fulfill 5 indicators which is connect, explore, analyze, transform, and experience. less able to meet the relate indicators; 3) Students with low initial ability meet 2 indicators which is connect and expereince. The relate indicator, explore, analyze, trannsform can not be fulfilled. Key words: initial ability, metaphorical thinking, subnettting.

Detail Jurnal