Detail Karya Ilmiah
-
PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT BERBANTUAN KAHOOT PADA MATA PELAJARAN DASAR DESAIN GRAFIS UNTUK SISWA SMKPenulis : Nurul HasanahDosen Pembimbing I : Ariesta Kartika Sari, S.Si., M.PdDosen Pembimbing II :Laili Cahyani, S.Kom., M.KomAbstraksi
Penelitian ini bertujuan menghasilkan perangkat pembelajaran kooperatif tipe TGT pada mata pelajaran dasar desain grafis berbantuan media kahoot untuk kelas X di SMK Al-Hikam. Jenis penelitian ini menggunakan model pengembangan perangkat pembelajaran yang diadaptasikan dari model pengembangan model 4-D yang terdiri dari tahap define, design, develop, dan disseminate. Perangkat pembelajaran dalam penelitian ini untuk mendapatkan perangkat pembelajaran valid, praktis, dan efektif sehingga digunakan oleh guru di sekolah. Namun , peneliti tidak dapat melakukan uji coba untuk mendapatkan data efektifitas dikarenakan adanya wabah virus Covid-19. Hanya dapat uji coba kecil kepada 5 siswa.Penelitian ini dilakukan berdasarkan hasil observasi disekolah dengan kendala yang dihadapi siswa. Penelitian ini menghasilkan perangkat pembelajaran dasar desain grafis yang meliputi RPP, LKK, THB, angket respon siswa, lembar observasi aktivitas guru dan lembar aktivitas siswa. Persentase untuk validitas memperoleh RPP 81,5%, LKK 84%, THB 82,22%, angket respon siswa 76,66%, lembar aktivitas guru 80,9% dan lembar aktivitas siswa 80%. Untuk kepraktisan didapatkan kesimpulan bahwa perangkat yang telah dikembangkan dalam kategori “praktis”. Sedangkan uji coba kecil LKK didapatkan persentase sebesar 86%. Sehingga dapat disimpulkan perangkat yang dikembangkan bisa digunakan oleh sekolah.
AbstractionThis study aims to produce a TGT cooperative learning tool on basic subjects of graphic design assisted by kahoot media for class X at Al-Hikam Vocational School. This type of research uses a learning device development model which is adapted from the 4-D model development model which consists of define, design, develop, and disseminate stages. The learning tools in this study are to get valid, practical, and effective learning tools so that they are used by teachers in schools. However, researchers were unable to conduct trials to obtain effectiveness data due to a Covid-19 virus outbreak. It can only be a small trial on 5 students. This research is based on the results of observations at school with the obstacles faced by students. This research resulted in a basic graphic design learning tool that includes RPP, LKK, THB, student response questionnaires, teacher activity observation sheets and student activity sheets. The percentage for validity obtained RPP 81.5%, LKK 84%, THB 82.22%, 76.66% student response questionnaire, 80.9% teacher activity sheet and 80% student activity sheet. For practicality, it is concluded that the devices that have been developed are in the "practical" category. Whereas the small trial of LKK obtained a percentage of 86%. So it can be concluded that the device developed can be used by schools.