Detail Karya Ilmiah

  • Abstraksi

    Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan RPP, LKK dan soal berbasis HOTS dengan menggunakan model pembelajaran Learning Cycle 7E pada materi perangkat eksternal untuk siswa kelas X RPL di SMKN 1 Kamal. Selain itu, penelitian ini juga dilakukan untuk mengetahui kualias kelayakan RPP, LKK dan soal berbasis HOTS yang dihasilkan berdasarkan aspek kevalidan, keprakisan dan keefektifan. Akan tetapi aspek keefektifan belum dilakukan karena terkendala wabah COVID 19 sehingga peneliti tidak dapat terjun langsung ke sekolah untuk menguji cobakan soal test sebagai hasil dari aspek keefektifan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Produk yang dikembangkan berupa 1 RPP yang didalamnya terdapat 2 pertemuan, 1 LKK materi perangkat eksternal, dan soal berbasis HOTS yang terdapat pada soal LKK dan soal pretest posttest untuk siswa kelas X RPL di SMKN 1 Kamal dengan menggunakan model pembelajaran Learning Cycle 7E. Penelitian pengembangan ini dirancang dengan menggunakan tahap-tahap model pengembangan 4-D, yaitu tahap define, design, develop, dan disseminate. Akan tetapi tahap disseminate belum dilakukan karena terkendala waktu. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi RPP, LKK dan soal berbasis HOTS untuk dosen ahli dan guru sistem komputer untuk aspek kevalidan, lembar penilaian siswa dan lembar penilaian guru terhadap LKK untuk aspek kepraktisan. Hasil penelitian menunjukkan kualitas produk yang dihasilkan berdasarkan aspek kevalidan RPP memenuhi kriteria layak digunakan dengan skor 83,84%, LKK memenuhi kriteria sangat layak digunakan dengan skor 90%, sedangkan soal berbasis HOTS memenuhi kriteria layak digunakan dengan skor 83,33%. Aspek kepraktisan berdasarkan hasil penilaian siswa memenuhi kriteria layak digunakan dengan skor 85,64%, sedangkan aspek kepraktisan berdasarkan hasil penilaian guru memenhi kriteria sangat layak digunakan dengan skor 90%. Kata kunci: RPP, LKK dan soal berbasis HOTS, learning cycle 7e, perangkat eksternal.

    Abstraction

    The aim of this study was find out to produce RPP, LKK and HOTS-based questions by using the Learning Cycle 7E learning model on external implement material RPL students in the tenth grades of SMKN 1 Kamal. In addition, this research in the feasibility quality of RPP, LKK and HOTS-based questions generated based on aspects of validity, initiation and effectiveness. However, the effectiveness aspect has not been carried out because of the COVID 19 outbreak so that researchers cannot go directly to school to examine the test questions as a result of the effectiveness aspect. The type of this research is development research. The product developed was 1 RPP that included 2 meeting, 1 LKK material for external implement, and HOTS-based questions contained in LKK questions and pretest posttest questions for RPL student in the tenth grades of SMKN 1 Kamal used the Learning Cycle 7E learning model. This development research wa designed using the stages of the 4-D development model, namely the stages of define, design, develop, and disseminate. However, the disseminate phase has not yet been carried out due because the time constraints. The instruments used in this researched were RPP validation sheet, LKK and HOTS-based questions for expert lecturers and computer system teachers for validity aspects, the student’s assessment sheets and teacher’s assessment sheets for LKK for practical aspects. The results of observation showed the quality of the products based on the validity aspects of the RPP have qualified of criteria to used with a score of 83,84%, LKK have qualified of criteria and very reasonable to used with a score of 90%, while the HOTS-based questions have qualified of criteria to used with a score of 83,33%. The practicality aspects based on the results of the student assessment have qualified of criteria to used with a score of 85,64%, while the practicality aspects based on the results of the teacher’s assessment the criteria are very reasonable to use with a score of 90%. Key Words : RPP, LKK and HOTS-based question, learning cycle 7e, external implement

Detail Jurnal