Detail Karya Ilmiah
-
PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATERI PERULANGAN DALAM MODEL PEMBELAJARAN CIRC (COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION) DENGAN PENDEKATAN KOMUNIKATIF DI KELAS X RPLPenulis : M. Satrio SuryantoroDosen Pembimbing I : Ariesta Kartika Sari, S.Si., M.Pd.Dosen Pembimbing II :Laili Cahyani, S.Kom., M.KomAbstraksi
ABSTRAK Permasalahan yang didapat pada tahap awal penelitian adalah proses pembelajaran pada materi perulangan oleh guru menggunakan metode ceramah. Sedangkan materi perulangan ini apabila guru dalam penyampaiannya masih menggunakan metode ceramah bisa dikatakan kurang tepat, dikarena materi ini perlu adanya interaksi langsung dari guru kesiswa berupa demonstrasi. Disamping itu pada saat guru mengajar perangkat pembelajaran yang digunakan masih belum bervariatif seperti guru menggunakan strategi pembelajaran langsung atau ceramah. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan menghasilkan perangkat pembelajaran yang dapat mempermudah guru dalam menyampaikan materi dan memfasilitasi siswa dalam belajar. Peneliti menggunakan model penelitian 4D yang memiliki empat tahapan yaitu Define (perencanaan), Design (perancangan), Development (pengembangan), dan Dissemination (penyebaran). Perangkat pembelajaran yang dihasilkan pada model pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition dengan pendekatan Komunikatif berupa RPP, Modul Siswa, LKK, THB, Lembar Observasi Aktivitas Guru, dan Lembar Observasi Aktivitas Siswa. Hasil penelitian ini adalah: (1) uji kevalidan RPP mendapatkan nilai 82%, Modul Siswa mendapat nilai 84%, LKK mendapatkan nilai 85%, THB mendapat nilai 89,7%, Lembar Observasi Aktivitas Guru mendapatkan nilai 84%, dan Lembar Observasi Aktivitas Siswa mendapatkan nilai 83,7%. (2) hasil analisis para ahli materi dan pembelajaran mengatakan bahwa perangkat pembelajaran ini praktis dengan penilaian “A” dapat digunakan dan “B” dapat digunakan sedikit revisi. (3) peneliti menguji kelayakan berupa Modul Siswa dan LKK kepada 6 siswa melalui media online. Untuk Modul Siswa mendapatkan nilai sebesar 76,1% dan LKK mendapatkan nilai sebesar 80,74%. Hal ini berarti bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan dapat digunakan dengan revisi. Kata Kunci: Perangkat Pembelajaran, Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC), pendekatan komunikatif, struktur kontrol perulangan
AbstractionABSTRACK The problem obtained at the initial stage of the research is the learning process on the iteration material by the teacher using the lecture method. While this repetition material if the teacher in the delivery is still using the lecture method can be said to be inappropriate, because this material needs direct interaction from the student teacher in the form of a demonstration. Besides that, when teachers teach learning tools that are used are still not varied as teachers use direct learning strategies or lectures. Therefore this study aims to produce learning tools that can facilitate teachers in delivering material and facilitate students in learning. Researchers use the 4D research model which has four stages, namely Define, Design, Development, and Dissemination. The learning tools produced on the Cooperative Integrated Reading And Composition learning model with communicative approaches in the form of lesson plans, student modules, LKK, THB, Teacher Activity Observation Sheet, and Student Activity Observation Sheet. The results of this study are: (1) the RPP validity test scores 82%, the Student Module scores 84%, LKK scores 85%, THB scores 89.7%, the Teacher Activity Observation Sheet scores 84%, and the Activity Observation Sheet Students get a value of 83.7%. (2) the results of the analysis of material and learning experts say that this learning tool is practical with the assessment "A" can be used and "B" can be used a little revision. (3) the researcher tested the feasibility of a Student and LKK Module to 6 students through online media. For the Student Module a score of 76.1% and LKK get a value of 80.74%. This means that the learning tools developed can be used with revisions. Keywords: Learning Tools, Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC), communicative approach, loop control structure