Detail Karya Ilmiah
-
PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF METODE LISTENIN TEAM PADA MATA PELAJARAN SIMULASI DAN KOMUNIKASI DIGITAL DI SMKN 1 LABANGPenulis : Nur HafidlohDosen Pembimbing I : Puji Rahayu Ningsih, S.Pd., M.PdDosen Pembimbing II :Nuru Aini, S.Kom., M.KomAbstraksi
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran yang dapat mempermudah guru dalam menyampaikan materi pelajaran dan siswa menjadi lebih aktif dalam mengikuti proses pembelajaran, serta dapat memfasilitasi siswa dalam belajar secara mandiri. Penelitian ini menghasilkan perangkat pembelajaran dengan menggunakan model kooperatif metode listening team berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Lembar Observasi Aktivitas Guru, Lembar Observasi Aktivitas Siswa, dan Tes Hasil Belajar. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model 4D yang terdiri dari empat tahapan yaitu Define (perencanaan), Design (perancangan), Development (pengembangan), dan Dissemination (penyebaran). Hasil penelitian ini adalah: (1) untuk uji kevalidan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran mendapatkan nilai 86 % dengan keterangan “sangat valid”, Lembar Observasi Aktivitas Guru mendapatkan nilai 90 % dengan keterangan “sangat valid”, Lembar Observasi Aktivitas Siswa mendapatkan nilai 82 % dengan keterangan “valid”, dan Tes Hasil belajar mendapat nilai 95,5 % dengan keterangan “sangat valid”. (2) dari hasil analisis para ahli materi dan pembelajaran juga dikatakan bahwa perangkat pembelajaran ini praktis dengan memberikan penilaian “A” dapat digunakan dan “B” dapat digunakan dengan sedikit revisi untuk digunakan. Hal ini berarti bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan dapat digunakan dengan revisi. (3) untuk keefektifan tidak bisa dilaksanakan karena peneliti tidak melakukan tahap uji coba perangkat ke sekolahan, hanya sampai pada tahap validasi perangkat kepada ahli dikarenakan adanya virus covid-19 sehingga sekolah yang akan dijadikan tempat penelitian diliburkan sesuai dengan kebijakan pemerintah. Kata Kunci: Perangkat Pembelajaran, listening team, simulasi dan komunikasi digital
AbstractionABSTRACT This study aims to produce the learning tools that can facilitate for teachers in delivering subject matter and students become more active in the learning process, and can facilitate students in independent learning. This study produced learning tools using a cooperative model of listening team method consisting of Learning Implementation Plans, Teacher Activity Observation Sheets, Student Activity Observation Sheets, and Learning Outcomes Tests. The development model that was used in this study is the 4D model which consists of four stages, namely Define, Planning, Development, and Dissemination. The results of this study are: (1) for the validity test of the Learning Implementation Plan scores 86% with the statement "very valid", the Teacher Activity Observation Sheet scores 90% with the "very valid" information, the Studend Activity Observation Sheet scores 82% with the information "Valid", and the Study Result Test scores 95.5% with the answer "very valid". (2) from the results of the analysis of material and learning experts are also said about this practical learning tool by providing "A" can be used and "B" can be used with a little revision to be used. This is mean that learning tools developed can be used with revisions. (3) the effectiveness cannot be done because the researcher does not test the device to school, only to the validation kit for experts who are considered to have covid-19 virus so that schools that will be used the research site are closed according to government needs. Keywords: Learning Devices, listening teams, simulation and digital communication