Detail Karya Ilmiah

  • PENGEMBANGAN PERANGKAT MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF METODE COURSE REVIEW HORAY BERBASIS KAHOOT PADA MATERI PERAWATAN JARINGAN LOKAL (LAN)
    Penulis : Luluk Azizah
    Dosen Pembimbing I : Puji Rahayu Ningsih, S.Pd
    Dosen Pembimbing II :Etistika Yuni Wijaya, S.Pd
    Abstraksi

    Penelitian ini dilatar belakangi karena siswa cenderung pasif dan tidak menimbulkan interaktif pada pelajaran komputer dan jaringan dasar. Peneliti mengembangkan perangkat pembelajaran yang berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Kelompok (LKK) dan Soal Tes Hasil Belajar dengan menggunakan model kooperatif metode course review horay. Penggunaan metode course review horay, tetapi dalam penggunaan metode tersebut, perlu diperhatikan apakah penerapan pembelajaran tersebut efektif atau tidak. Oleh karena itu, adanya penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan perangkat model pembelajaraan kooperatif metode course review horay berbasis kahoot pada materi perawatan jaringan lokal (LAN) kelas X TKJ SMK A N NUR AL MUNTHAY Banyuataes. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4-D yang terdiri dari tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (develop), tanpa menggunakan tahap penyebaran (disseminate). Untuk mengetahui kelayakan produk berdasarkan aspek kevalidan, kepraktisan dan keefektifan. Namun aspek keefektifan tidak dapat dilakukan dengan adanya kendala pandemi COVID-19 sehingga tidak dapat menerapkan secara langsung pada proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan aspek kevalidan (1) RPP memenuhi kriteria layak digunakan dengan skor 80,09%. (2) LKK memenuhi kriteria layak digunakan dengan skor 87,5%. (3) Soal Tes Hasil Belajar memenuhi kriteria layak digunakan dengan skor 83,33%. Aspek kepraktisan berdasarkan hasil penilaian siswa terhadap LKK dan Soal Tes Hasil Belajar (kuis kahoot) memenuhi kriteria layak digunakan dengan skor 90% untuk LKK dan skor 87,33% untuk Soal Tes Hasil Belajar (kuis kahoot), sedangkan aspek kepraktisan berdasarkan penilaian guru memenuhi kriteria layak digunakan dengan skor 86,6%. Kata kunci: RPP, LKK dan Soal Tes Hasil Belajar, course review horay, kahoot.

    Abstraction

    ABSTRACT This research is motivated because students tend to be passive and do not cause interactive in computer lessons and basic networks. Researchers develop learning tools in the form of Learning Implementation Plans (RPPs), Group Worksheets (LKK) and Learning Outcomes Test Questions using the cooperative model course review horay method . The use of course review horay methods , but in the use of these methods, it should be noted whether the application of learning is effective or not. Therefore, the study aims to determine the cooperative learning model of software development methods course at the reviews horay based kahooton local network (LAN) maintenance material class X TKJ VOCATIONAL SCHOOL, AN NUR AL MUNTHAY Banyuataes. This study uses 4-D model of development comprising the step of defining ( define ) , stage design (design) , stage of development ( develop ), without using the deployment phase ( disseminate ). To determine the feasibility of the product based on aspects of validity, practicality and effectiveness. However, the effectiveness aspect cannot be carried out due to the COVID-19 pandemic constraints so that it cannot be applied directly to the learning process. The results showed that based on the validity aspects (1) the RPP met the criteria of being used with a score of 80.09%. (2) LKK meets the criteria of being used with a score of 87.5%. (3) Learning Outcomes Test Questions fulfill the criteria to be used with a score of 83, 33 %. The practicality aspect based on the results of student assessment of LKK and Learning Outcomes Test Questions ( kahoot quiz ) meets the criteria of being used with a score of 90% for LKK and a score of 87.33% for Learning Outcomes Test Questions ( kahoot quiz ) , while the practicality aspects based on teacher assessment meet the criteria are feasible to use with a score of 86.6%. Keywords: RPP, LKK and Learning Outcomes Test Questions, course review horay , kahoot .

Detail Jurnal