Detail Karya Ilmiah

  • STUDI TENTANG KOMPETENSI PEDAGOGIK MAHASISWA S1 PENDIDIKAN INFORMATIKA DALAM KEGIATAN PRAKTIK LAPANGAN PERSEKOLAHAN II (PLP II) (STUDI MULTI SITUS SMKN 2 DAN SMKN 3 BANGKALAN)
    Penulis : Tatik Hidayah
    Dosen Pembimbing I : Wanda Ramansyah, S.Pd., M.Pd.
    Dosen Pembimbing II :Etistika Yuni Wijaya, S.Pd., M.Pd.
    Abstraksi

    Praktik Lapangan Persekolahan II (PLP II) wajib diikuti oleh mahasiswa jurusan kependidikan termasuk Jurusan Pendidikan Informatika. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui pemahaman kompetensi pedagogik mahasiswa S1 Pendidikan Informatika tahun Akademik 2016 dalam kegiatan PLP II (2) Mengetahui penguasaan kompetensi pedagogik mahasiswa S1 Pendidikan Informatikan tahun Akademik 2016 dalam kegiatan PLP II. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi multi situs menggunakan teknik pengambilan wawancara dan dokumentasi. Wawancara dilakukan kepada enam mahasiswa program PLP II yang melaksanakan PLP II di SMKN 2 Bangkalan dan SMKN 3 Bangkalan, dua guru pamong dan enam siswa. Teknik analisis yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) pemahaman kompetensi pedagogik mahasiswa S1 Pendidikan Informatika yang melaksanakan PLP II di SMKN 2 Bangkalan dan SMKN 3 Bangkalan sudah baik serta dapat menjelaskan secara toeri mengenai kompetensi guru dan kompetensi pedagogik guru. (2) penguasaan kompetensi pedagogik mahasiswa S1 Pendidikan Informatika yang melaksanakan PLP II di SMKN 2 Bangkalan dan SMKN 3 Bangkalan dapat menguasi aspek-aspek kompetensi pedagogik hanya saja mahasiswa program PLP hanya mengaplikasikan sembilan aspek dari sepuluh aspek kompetensi pedagogik selama melaksanakan pembelajaran pada saat PLP II. Kata Kunci: Kompetensi guru, kompetensi Pedagogik, Mahasiswa S1 Pendidikan Informatika, dan Program PLP II

    Abstraction

    Field School II (PLP II) practice must be followed by students majoring in education including the Department of Informatics Education . The purpose of this study were (1) Knowing understanding of pedagogical students S1 Informatics Education Academic year 2016 in the activities of the PLP II (2) Knowing mastery of pedagogical students S1 Informatics Education Academic year 2016 in the activities of PLP II . This study used a qualitative approach with methods of multi-site studies using the technique of taking interviews and documentation . Interviews were conducted with six PLP II program students who conducted PLP II in SMKN 2 Bangkalan and SMKN 3 Bangkalan, two tutor teachers and six students. The analysis technique used is data reduction, data presentation, and drawing conclusions . The results of this study indicate (1) understanding pedagogical competencies of S1 Informatics Education students who carry out PLP II at SMKN 2 Bangkalan and SMKN 3 Bangkalan are already good and can explain in a toeri manner about teacher competencies and teacher pedagogical competencies. (2) mastery of pedagogical competencies of S1 Informatics Education students who implement PLP II in SMKN 2 Bangkalan and SMKN 3 Bangkalan can master aspects of pedagogical competence, only PLP program students only apply nine aspects of the ten aspects of pedagogical competence while carrying out learning during PLP II . Keywords: Teacher competency, pedagogical Competence, S1 Informatics Education Students, and PLP II Program

Detail Jurnal