Detail Karya Ilmiah

  • STUDI MULTIKASUS KESULITAN BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XII JURUSAN RPL PADA MATA PELAJARAN PEMROGRAMAN WEB DAN PERANGKAT BERGERAK DI SMKN 2 BANGKALAN
    Penulis : Aie Sierly Nela Rahmah
    Dosen Pembimbing I : Medika Risnasari, S.ST., M.T
    Dosen Pembimbing II :Etistika Yuni Wijaya,S.Pd., M.Pd
    Abstraksi

    Pembelajaran pemrograman merupakan salah satu mata pelajaran untuk mengembangkan kompetensi keahlian pemrograman dibidang RPL namun terdapat sebagian siswa kelas XII RPL1 SMK Negeri 2 Bangkalan yang kurang memiliki kemampuan kognitif dan psikomotorik dibidang pemrograman sehingga tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kesulitan belajar serta faktor-faktornya siswa kelas XII SMK N 2 Bangkalan pada pelajaran pemrograman web dan perangkat bergerak ditinjau dari tingkat motivasi belajar siswa yaitu tingkat motivasi belajar tinggi, tingkat motivasi belajar sedang dan tingkat motivasi belajar rendah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara motivasi belajar, tes diagnosis kesulitan belajar dengan tes soal newman dan wawancara. Prosedur pemilihan subjek adalah dengan menggunakan purposive sampling. Subjek penelitian ini adalah 2 siswa dengan tingkat motivasi belajar tinggi, 2 siswa dengan tingkat motivasi belajar sedang dan 2 siswa dengan tingkat motivasi belajar rendah. Uji keabsahan data adalah menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Analisis data terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian studi multikasus motivasi belajar dan kesulitan belajar menunjukkan bahwa; 1) subjek tingkat motivasi belajar tinggi mengalami kesulitan belajar pada kemampuan keterampilan (pemrograman) berupa process skill error dan encoding error, 2) subjek tingkat motivasi belajar sedang mengalami kesulitan belajar pada kemampuan keterampilan (pemrograman) berupa Reading error, Comprehension Error, Tranformastion error, Process skill error, dan Encoding Error, 3) subjek tingkat motivasi belajar rendah mengalami kesulitan belajar pada kemampuan kognitif (penerapan) berupa Reading error, Comprehension Error, Tranformastion error, Process skill error, dan Encoding Error kemampuan keterampilan (pemrograman) berupa Reading error, Comprehension Error, Tranformastion error, Process skill error, dan Encoding Error. Kata-kata Kunci : Kualitatif, Kesulitan Belajar, Motivasi Belajar, Pemrograman web dan perangkat bergerak

    Abstraction

    Programming learning is one of the subjects to develop programming skills competency in RPL, but there are some students in class XII RPL1 of SMK Negeri 2 Bangkalan who lack cognitive and psychomotor skills in the field of programming so the purpose of this study is to determine learning difficulties and the factors of class students XII of SMK N 2 Bangkalan on web programming and mobile devices lessons in terms of the level of student motivation that is high levels of learning motivation, medium levels of learning motivation and low levels of learning motivation. This study uses a qualitative approach to the type of descriptive research. Data collection techniques through learning motivation interviews, diagnostic tests of learning difficulties with newman test questions and interviews. The subject selection procedure is using purposive sampling. The subjects of this study were 2 students with high levels of learning motivation, 2 students with medium learning motivation levels and 2 students with low levels of learning motivation. Data validity test is using technical triangulation and source triangulation. Data analysis consists of data reduction, data presentation, and drawing conclusions or verification. The results of the multicase study study of learning motivation and learning difficulties show that; 1) subjects with high levels of learning motivation have difficulty learning skills (programming) in the form of process skill errors and encoding errors, 2) subjects with high levels of learning motivation are having difficulty learning skills (programming) in the form of Reading errors, Comprehension Errors, Transformation errors, Process skill error, and Encoding Error, 3) subjects with low levels of learning motivation have difficulty learning in cognitive abilities (applications) in the form of Reading errors, Comprehension Errors, Transformation errors, Process skill errors, and Encoding Errors skills (programming) in the form of Reading errors, Comprehension Error, Transformation error, Process skill error, and Encoding Error. Keywords: Learning Consultant, Learning Motivation, Web programming and mobile device

Detail Jurnal