Detail Karya Ilmiah
-
Analisis Proses Metakognisi Siswa Dalam Menyelesaikan Perakitan Komputer Ditinjau Dari Kemampuan Awal Siswa Kelas X-RPL SMKN 1 KamalPenulis : Inayatun Nafi'ahDosen Pembimbing I : Ariesta Kartika Sari, S.si., M.PdDosen Pembimbing II :Muhammad Afif Effindi, S.Kom., M.TAbstraksi
ABSTRAK Latar belakang yang terdapat pada penelitian ini yaitu guru tidak dapat mengetahui keterbatasan pemikiran yang dimiliki oleh siswa, sehingga guru tidak mengetahui kemampuan metakognisi masing-masing siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis metakognisi siswa ditinjau dari kemampuan awal siswa. Subjek yang digunakan adalah siswa X –RPL SMKN 1 Kamal Bangkalan yang memiliki kemampuan awal tinggi, kemampuan awal sedang, kemampuan awal rendah. Instrumen yang digunakan adalah tes essay kemampuan awal siswa dan Tes essay metakognisi siswa materi perakitan komputer. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) siswa dengan kemampuan awal tinggi memenuhi empat indikator metakognisi yaitu Memahami Masalah, Merencanakan Pemecahan Masalah, Melaksanakan Pemecahan Masalah, Memeriksa Kembali/evaluasi; 2) Siswa dengan kemampuan awal sedang hanya dapat memenuhi tiga indikator metakognisi yaitu Memahami Masalah, Merencanakan Pemencahan Masalah, Melaksanakan Pemecahan Masalah; 3) Siswa dengan Kemampuan awal Rendah hanya dapat memenuhi 2 indikator metakognisi yaitu Memahami Masalah, Merencanakan Pemecahan Masalah. Kesimpulan tersebut didapatkan dari tes essay metakognisi siswa dan wawancara dengan masing-masing subjek terkait dengan apa yang dikerjakan dalam soal. Kata Kunci: Kemampuan Awal, Metakognisi, Perakitan Komputer, Penyelesaian Masalah.
AbstractionABSTRACK The background associated with this research is the teaceher cannot know the limitations possessed by students, so the teacher cannot know the metacognition abilities. The purpose of this study is to describe and analyze students metacognition in terms of students initial abilities. The subjects used were students of X- RPL SMKN 1 Kamal Bangkalan who had high initial abilities, moderate initial abilities, low initial abilities. The instrument used an early student ability essay test and a student’s metacognition essay test on computer material. The results showed that 1) students with initial ability to meet foru metacognition indicators namely understanding problems, planning problem solving, Carrying Out Probem Solving, Rechecking/ Evaluating; 2) Students with initial abilities can only fulfill three indicators of metacognition, namely understanding problems, planning problem solving, Carrying Out Probem Solving; 3) Students with Low Initial Ability can only meet 2 indicators of metacognitipn, namely understanding problems, planning problem solving. The conclusion obtained from this test, students metacognitionn and interviews with each subject related to what was done in the problem. Keywords: Initial Ability, Metacognition, Computer Assembly, Problem Solving.