Detail Karya Ilmiah

  • Pengaruh Mendia Pembelajaran Roda Putar Terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Socah Bangkalan Tahun ajaran 2019/2020
    Penulis : Moh suriyanto
    Dosen Pembimbing I : Abdul Rosid, S.Pd., M.Pd
    Dosen Pembimbing II :Ayyu Subhi Farahiba, S.Pd., M.Pd
    Abstraksi

    Abstrak: Media roda putar adalah sebuah alat untuk membantu siswa dalam menulis teks eksplanasi yang mana mendorong guru untuk bisa menghubungkan materi dengan media yang digunakan. Media roda putar merupakan media yang didalamnya terdiri dari beberapa gambar kejadian alam seperti yang terjadi pada kehidupan nyata. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran roda putar terhadap keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Socah Bangkalan. Sampel data yang digunakan adalah seluruh siswa kelas VIII A&B SMP Negeri 2 Socah Bangkalan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif- true experimental design. Data diperoleh melalui teknik sampel dan teknik analisis data yang kemudian diuji dengan uji normalitas, uji homegenitas dan uji signifikansi (uji-t). Hasil perhitungan menggunakan uji-t diperoleh taraf signifikansi (?)=0,05, maka diperoleh nilai thitung > t¬tabel (2,391 > 2,07) maka Ho ditolah dan Ha diterima. . Sehingga, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan media roda putar terhadap keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Socah Bangkalan.

    Abstraction

    Abstract:The wheel media is a tool to assist students in writing explanatory texts which encourage the teacher to be able to connect the material with the media used. Spinning wheel media is media which consists of several images of natural events such as those that occur in real life. This study aims to determine the effect of the learning media of the rotary wheel on the explanatory text writing skills of eighth grade students of SMP Negeri 2 Socah Bangkalan. The sample data used were all students of class VIII A&B Middle School 2 Socah Bangkalan. The method used in this research is quantitative- true experimental design. Data obtained through sample techniques and data analysis techniques which are then tested by normality test, homegeneity test and significance test (t-test). The results of calculations using the t-test obtained a significance level (?) = 0.05, then the value of tcount> t is obtained-table (2,391> 2,07) then Ho is rejected and Ha is accepted. . So, it can be concluded that there is a significant influence of the use of the media of the wheel to write explanatory text writing skills of eighth grade students of SMP Negeri 2 Socah Bangkalan.

Detail Jurnal