Detail Karya Ilmiah
-
gangguan berbahasa secara fonologis terhadap penderita afasia di madrasah shodiqul akbar (srudi kasus pada mohammad rafi)Penulis : farida zubairotinDosen Pembimbing I : ahmad jami'ul amil, S. Pd., M. PdDosen Pembimbing II :ika febriani, S. S., M. PdAbstraksi
Penelitian ini merupakan penelitian mengenai gangguan berbahasa secara fonologis terhadap pengidap afasia pada siswa di madrasah Shodiqul Akbar (studi kasus pada Mohammad Rafi). Afasia adalah gangguan pada kemampuan berbicara secara menyeluruh yang diakibatkan kerusakan pada hemisfer kiri serta kegagalan dalam menerapkan kemampuan berbahasa yang didapatnya. Pada penelitian ini meneliti gangguan berbahasa secara fonologis terhadap pengidap afasia di madrasah shodiqul akbar (studi kasus pada Mohammad Rafi). Penelitian ini mendeskripsikan bentuk-bentuk gangguan berbahasa secara fonologis terhadap objek penelitian. Objek pada penelitian ini adalah seorang siswa di madrasah shodiqul akbar. Metode yang digunakan adalah pendekatan secara deskriptif kualitatif serta penelitian ini merupakan studi kasus. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi di sekolah yaitu dengan wawancara kepada guru, metode simak dan teknik simak libat cakap yaitu melakukan wawancara secara langsung kepada objek sehingga data awal berupa audio dan ditranskipsikan menjadi tulisan. Selanjutnya data dianlisis menggunakan metode padan pilah unsur penentu. Kemudian diuji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber maksudnya melakukan pengumpulan data dari beberapa sumber, peneliti melakukan wawancara yang mendalam kepada teman objek, guru objek, serta tetangga tempat bermain. Hasil penelitian ini menemukan bahwa trejadinya gangguan berbahasa secara fonologis berupa 10 penghilangan bunyi vokal, 72 penghilangan bunyi konsonan, 1 penggantian bunyi vokal, 4 penggantian bunyi konsonan, terdapat 1 penambahan bunyi vokal, dan 6 penambahan bunyi konsonan. Kata Kunci:Gangguan berbahasa, Afasia, Fonologi, Bunyi Bahasa
AbstractionThis study is a study of phonological language disorders of people with aphasia in student at the Shodiqul Akbar Islamic School (case study on Mohammad Rafi). Aphasia is a disorder in the overall ability to speak caused by damage to the left hemisphere and failure to apply the acquired language skills. This study analyzes phonological language disorders of people with aphasia in the shodiqul akbar Islamic School (case study on Mohammad Rafi). This study describes phonological forms of language disorders of the object of study. The object in this study is a student at the Shodiqul Akbar Islamic School. The method used is a descriptive qualitative approach and this study is a case study. Moreover, the technique of collecting data used is observation technique at school by interviewing the teacher, simak method and simak libat cakap technique by conducting an interview directly to the object, thus the initial data are in the form of audio and are transcribed into writing. Next, the data are analyzed using padan pilah unsur penentu method. Then, the validity of the data tested using source triangulation, which means collecting data from several sources, the writer conducted in-depth interviews with object friends, object teachers, and neighbors where he plays. The results of this study find that the phonological language disorders are in the form of 10 vowel sound omissions, 72 consonant sound omissions, 1 vowel sound replacements, 4 consonant sound replacements, 1 vowel sound addition, and 6 consonant sound additions. Keywords: Language Disorders, Aphasia, Phonology, Language Sounds