Detail Karya Ilmiah
-
PENGARUH METODE QUANTUM LEARNING BERBANTUKAN APLIKASI TOKOH PAHLAWAN TERHADAP KEMAMPUAN MENCERITAKAN ISI BIOGRAFI SISWA KELAS X SMAN 2 BLORAPenulis : Sri WahyuniDosen Pembimbing I : Ahmad Jamiu’ul Amil, S.Pd., M.PdDosen Pembimbing II :Ayyu Subhi Farahiba, S.Pd., M.PdAbstraksi
ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kualitas berbicara siswa dan metode pembelajaran yang kurang tepat serta kemajuan teknologi dan fasilitas sekolah yang lengkap yang mampu menunjang kecepatan belajar siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh metode Quantum Learning berbantukan aplikasi tokoh pahlawan terhadap kemampuan menceritakan isi biografi siswa kelas X SMAN 2 Blora. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif model eksperimen menggunakan desain True Experimental Design dengan bentuk Pretest-Postest Control Group Design. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan memberikan tes awal (pretest), kemudian diberi perlakuan dengan menerapkan metode Quantum Learning berbantukan Aplikasi Tokoh Pahlawan, dan selanjutnya diberikan tes akhir (posttest) pada akhir pembelajaran di kelas eksperimen. Hasil penelitian setelah diterapkan metode Quantum Learning berbantukan aplikasi tokoh pahlawan, menunjukkan adanya kenaikan yang signifikan dari rata-rata nilai 63,39 (pretest) dengan ketuntasan 26% menjadi 83,83 (posttest) dengan ketuntasan 100%. Hasil penelitian yang telah dianalisis diketahui hasil uji hipotesis (uji t) menggunakan taraf signifikan 0,05 diperoleh thitung 4,292 >ttabel 1,997 yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima, maka menghasilkan adanya pengaruh dari penggunakan metode Quantum Learning berbantukan aplikasi tokoh pahlawan terhadap kemampuan menceritakan isi biografi siswa kelas x SMAN 2 Blora. Kata kunci: quantum learning, aplikasi tokoh pahlawan, teks biografi, SMAN 2 Blora
AbstractionABSTRACT Abstract: This research is motivated by the low quality of students' speaking, the lack of learning methods, the advancement of technology and the complete technological advances and school facilities that are able to support the speed of student learning. The purpose of this study is to determine the effects of the Quantum Learning method assisted by the application of hero figures on the ability to know the biographical contents of the first grade students of SMAN 2 Blora. This research is a quantitative study with an experimental model using True Experimental Design in the form of Pretest-Postest Control Group Design. Data collection techniques are done by giving a pre-test. Then, treated by applying the Quantum Learning method that is assisted by the Hero Figure Application, and then given a final test (posttest) at the end of learning in the experimental class. The results of the study after applying the Quantum Learning method with the application of hero figures, showed a significant increase from an average value of 63.39 (pretest) with completeness 26% to 83.83 (posttest) with completeness of 100%. The results of the study that have been analyzed are known to the results of the hypothesis test (t test) using a significance level of 0.05 obtained t count 4.292> 1.997 table which means that Ho is rejected and Ha is accepted, then the results affect the use of the Quantum Learning method aided by the application of hero figures by the ability to know the biographical contents of the first grade students of SMAN 2 Blora. Key Word: quantum learning, the application of hero figures, biographical text, SMAN 2 Blora