Detail Karya Ilmiah

  • Pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan menulis teks persuasi siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Bangkalan
    Penulis : Thariqatul Laily
    Dosen Pembimbing I : Abdul Rosid, S.Pd., M.Pd.
    Dosen Pembimbing II :Ayyu Subhi Farahiba, S.Pd., M.Pd.
    Abstraksi

    ABSTRAK Abstrak: Kemampuan menulis teks persuasi di sekolah teliti pada kelas VIII masih belum maksimal. Upaya untuk meningkatkan kemampuan siswa untuk menulis teks persuasi, digunakan model pembelajaran Problem Based Learning. Problem Based Learning merupakan suatu pendekatan pembelajaran yang menggunakan masalah dunia nyata sebagai suatu konteks bagi siswa untuk belajar tentang cara berpikir kritis dan keterampilan pemecahan masalah, serta untuk memperoleh pengetahuan dan konsep yang esensial dari materi pelajaran Problem Based Learning suatu model yang menggunakan masalah dunia nyata untuk diselesaikan oleh peserta didik untuk memecahkan masalah serta untuk memperoleh pengetahuan dan konsep yang esensial dari materi pelajaran. Model pembelajaran Problem Based Learning diharapkan mampu memudahkan siswa dalam menulis teks persuasi sehingga karya-karya yang dihasilkan pun berkualitas dan kreatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan menulis teks persuasi siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Bangkalan. Sampel data yang digunakan adalah seluruh siswa kelas VIII A & B SMP Negeri 5 Bangkalan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif-quasi eksperimen. Hasil perhitungan uji-t yang dilakukan pada nilai post-test antara kelas kontrol dan kelas eksperimen menunjukkan bahwa thitung 4,777 > ttabel 2,001 dengan taraf signifikan 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan menulis teks persuasi siswa kelas VIII SMP Nergeri 5 Bangkalan. Kata kunci: Problem Based Learning, teks persuasi, SMP Negeri 5 Bangkalan.

    Abstraction

    ABSTRACT Abstract: Students ability to write persuasion texts in VIII class is still not maximal. Efforts to improve students ability to write persuasive texts using Problem Based Learning models. Problem Based Learning is a learning approach using real problems as a context for learning about critical thinking, problem solving skills, and obtaining essential knowledge and concepts from the subject matter. Problem Based Learning model is expected to facilitate students in writing persuasive texts to produce quality and creative work. This study aims to know the effect of the use of the Problem Based Learning model on students ability to write persuasion texts in VIII class of SMP Negeri 5 Bangkalan. The sample data used were all students in VIII A & B class of SMP Negeri 5 Bangkalan. The study uses a experimental quantitative-quasi method. The results of t-test calculations performed on the post-test between the control class and the experimental class showed that tcount4.777> ttable 2.001 with a significant level of 0.05. It shows that there is an effect of the Problem Based Learning model on students ability to write persuasion texts in VIII class of SMP Negeri 5 Bangkalan. Key Words : Problem Based Learning, Persuasion texts, SMP Negeri 5 Bangkalan.

Detail Jurnal