Detail Karya Ilmiah

  • PENGARUH MEDIA VIRTUAL REALITY BERBANTUAN GOOGLE CARDBOARD TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI SISWA KELAS X SMA ASSA'ADAH BUNGAH GRESIK TAHUN AJARAN 2019/2020
    Penulis : Fina Nabilah Layaliya
    Dosen Pembimbing I : Abdul Rosid, S,Pd., M.Pd.
    Dosen Pembimbing II :Ahmad Jami’ul Amil, S,Pd., M.Pd.
    Abstraksi

    Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan siswa dalam menuangkan ide menjadi sebuah karya tulis yakni puisi serta kurangnya pemanfaatan media dalam pembelajaran. Rumusan masalah pada penelitian ini yakni bagaimana pengaruh media virtual reality berbantuan google cardboard terhadap keterampilan menulis puisi siswa kelas X SMA Assa’adah Bungah Gresik tahun ajaran 2019/2020. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh media virtual reality berbantuan google cardboard terhadap keterampilan menulis puisi siswa kelas X SMA Assa’adah Bungah Gresik tahun ajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini yakni kuantitatif dengan menggunakan desain penelitian Quasi Eksperimental Design (desain eksperimental semu) yakni model Non-equivalent Control Group Design dengan popluasi siswa kelas X SMA Assa’adah Bungah tahun ajaran 2019/2020. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 2 kelas. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi keterlaksanaan pembelajaran, tes, angket, dan dokumentasi. Analisis data tes keterampilan menulis puisi menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis (uji-t). Simpulan penelitian yakni (1) Kemampuan menulis puisi kelas eksperimen saat pelaksanaan posttest lebih baik dari pada pelaksanaan pretesti. (2) Terdapat pengaruh yang signifikan terhadap penggunaan media video virtual reality berbantuan google cardboard terhadap kemampuan menulis puisi siswa. (3) Respons siswa terhadap media virtual reality berbantuan google cardboard sangat positif dengan memperoleh rata-rata 92,89%. (4) Keterlaksanaan pembelajaran dengan media virtual reality berbantuan google cardboard memperoleh persentase 93% dengan kategori “sangat baik”. Kata kunci : google cardboard, keterampilan menulis puisi, media virtual reality.

    Abstraction

    This research is motivated by the difficulty of students in pouring ideas into a paper that is poetry and the lack of use of media in learning. The formulation of the problem in this research is how the influence of virtual reality media assisted by Google Cardboard on the poetry writing skills of class X students of Assaadah Bungah Gresik in the 2019/2020 school year. This study aims to describe the effect of google cardboard-assisted virtual reality media on the poetry writing skills of class X students of Assaadah Bungah Gresik in the 2019/2020 school year. This type of research is quantitative by using a Quasi Experimental Design research design (quasi-experimental design) that is the Non-equivalent Control Group Design model with a population of class X of Senior High School of Assaadah Bungah in the 2019/2020 school year. The sample in this study were 2 classes. Data collection techniques using observation techniques of learning implementation, tests, questionnaires, and documentation. Data analysis of poetry writing skills test uses normality test, homogeneity test, and hypothesis test (t-test). The conclusions of the study are (1) The ability to write experimental class poetry during posttest implementation is better than the implementation of pretest. (2) There is a significant influence on the use of google cardboard virtual reality video media on the ability to write poetry for students. (3) The response of students to google cardboard-assisted virtual reality media was very positive with an average of 92.89%. (4) The implementation of learning using google cardboard virtual reality media obtained a percentage of 93% with a very good category. Keywords: google cardboard, poetry writing skills, virtual reality media.

Detail Jurnal