Detail Karya Ilmiah

  • PENERAPAN METODE QUANTUM LEARNING PADA PEMBELAJARAN MEMBACA TEKS DRAMA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 KAMAL
    Penulis : Sumlah
    Dosen Pembimbing I : Abdul Rosid, S.Pd., M.Pd
    Dosen Pembimbing II :Ayyu Subhi Farahiba, SPd., M.Pd
    Abstraksi

    ABSTRAK Abstrak : Proses pembelajaran harus mampu membuat kondisi di dalam kelas aktif, kondusif, dan menyenangkan, maka perlu upaya meningkatkan partisipasi peserta didik dengan menggunakan penerapan metode pembelajaran dalam pelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini memiliki satu rumusan masalah yaitu bagaimana penerapan metode Quantum Learning pada pembelajaran membaca teks drama siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kamal. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Objek penelitian ini yaitu pendidik dan peserta didik kelas XI IPA 3 SMA Negeri 1 Kamal. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, dan simpulan atau verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendidik mata pelajaran Bahasa Indonesia telah melakukan penerapan metode Quantum Learning dan peserta didik sangat menerima adanya penerapan tersebut. Dapat dilihat dari hasil observasi dan wawancara peserta didik yang sangat antusias, aktif, dan semangat pada saat pembelajaran berlangsung. Pendidik juga memberikan motivasi atau sugesti positif agar dapat menguatkan pemahaman peserta didik mengenai pelajaran. Maka dari itu, penerapan metode Quantum Learning di SMAN 1 Kamal sudah berhasil dan sesuai karena penerapan metode tersebut sudah terlaksana. Kata Kunci : Metode Quantum Learning, teks drama, peserta didik kelas XI IPA 3 SMA Negeri 1 Kamal

    Abstraction

    ABSTRACT Abstract: The learning process must be able to make conditions in the classroom active, conducive, and fun, it is necessary to increase student participation by using the application of learning methods in Indonesian language lessons. This study has one problem statement, namely how the application of the Quantum Learning method in learning to read drama text for grade XI students of SMA Negeri 1 Kamal. In this study using a qualitative descriptive approach. The object of this study is educators and students of class XI IPA 3 SMA Negeri 1 Kamal. Data collection techniques through observation, interviews, and documentation. Analysis of the data used in this study is data reduction, data presentation, and data conclusions or verification. The results of this study indicate that Indonesian language educators have applied the Quantum Learning method and students are very accepting of the application. Can be seen from the results of observations and interviews of students who are very enthusiastic, active, and enthusiastic when learning takes place. Educators also provide positive motivation or suggestion in order to strengthen students' understanding of the lesson. Therefore, the application of the Quantum Learning method at SMAN 1 Kamal has been successful and appropriate because the application of the method has already been carried out. Keywords: Quantum Learning Method, drama texts, students of class XI Science 3 of SMA Negeri 1 Kamal

Detail Jurnal