Detail Karya Ilmiah
-
Pengaruh Metode Image Streaming melalui Media Gambar dalam Pembelajaran Menulis Puisi Siswa Kelas VIII SMPN 2 KamalPenulis : ErnawatiDosen Pembimbing I : Abdul Rosid, S.Pd., M.Pd.Dosen Pembimbing II :Ayyu Subhi Farahiba, S.Pd., M.Pd.Abstraksi
Abstrak: Metode image streaming dijadikan sebagai cara untuk mendapatkan bayangan, imajinasi mengenai suatu objek yang kemudian dituangkan dalam bentuk tulisan. Dengan bantuan media gambar, diharapkan dapat memudahkan siswa mendapatkan imajinasi atau bayangan mengenai objek yang akan dituliskan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode image streaming berbantuan media gambar terhadap kemampuan menulis puisi siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kamal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen quasi. Desain yang digunakan adalah Pretest Posttest Control Group Design. Ada dua variabel dalam penelitian ini, yakni variabel bebas yang berupa metode image streaming dan variabel terikat yakni kemampuan menulis puisi. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kamal. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling dengan cara mengundi seluruh kelas VIII, sehingga diperoleh kelas VIII-B sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-C sebagai kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan validitas isi dengan expert judgement. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes menulis puisi. Kemudian data diuji dengan uji normalitas, uji homogenitas dan uji signifikansi (uji-t). Hasil perhitungan uji t menggunakan taraf signifikan 0,05 pada nilai posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh Thitung 1,936 > Ttabel 1,675. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan metode image streaming berbantuan media gambar terhadap kemampuan menulis puisi siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kamal. Kata Kunci : metode image streaming, media gambar, menulis puisi, SMPN 2 Kamal
AbstractionAbstract: Image streaming method is used as a way to get shadows, imagination about an object expressed in written form. Using drawing media, it is expected to make it easier for students to get imagination or shadows about the object to be written. This study aims to know the effect of the use of image streaming method assisted by images media on the ability to write poetry for eighth grade students of SMP Negeri 2 Kamal. This study uses a quantitative approach with a quasi experimental method. The design used is Pretest Posttest Control Group Design. There are two variables in this study, the independent variable in the form of image streaming method and the dependent variable is the ability to write poetry. The population in this study were eighth grade students of SMP Negeri 2 Kamal. The sampling technique used is simple random sampling by rafling whole class VIII, so VIII-B calss was chosen as the experimental class and class VIII-C class as the control class. This study uses content validity with expert judgment. Data collection techniques used is poetry writing tests. The results of the t test calculations using a significance level of 0.05 on the posttest on experimental class and the control class obtained T count 1.936> T table 1.675. therefore, it can be concluded that there is a significant influence in the use of image streaming methods assisted by images media on the ability to write poetry for eighth grade students of SMP Negeri 2 Kamal. Keywords: image streaming methods, images media, poetry writing, SMPN 2 Kamal