Detail Karya Ilmiah
-
STUDI KOMPARATIF MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DAN OUTDOOR LEARNING TERHADAP HOTS MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS VPenulis : KARTIKA DWI HANDAYANIDosen Pembimbing I : Rika Wulandari., S.Pd., M.PdDosen Pembimbing II :Agung Setyawan., S.Pd., M.PdAbstraksi
Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan rata-rata keterampilan berfikir tingkat tinggi siswa dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan model outdoor learning kelas V di MIN 1 Bangkalan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan desain penelitian the nonequivalent pretest-posttest control grup. Peneliti membandingkan dua model dengan cara menguji hipotesis komparatif. Hasil pengujian hipotesis menggunakan uji-t dua sampel independent pada nilai posttest diperoleh hasil thitung = 3.223 dan ttabel = 2.064 dengan kriteria pengujian Ho diterima jika – ttabel ? thitung ? ttabel, dan Ho ditolak jika thitung > ttabel. Dalam penelitian ini Ho ditolak dan Ha diterima karena memperoleh hasil thitung > ttabel. thitung = 3.223 > ttabel = 2.064. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada perbedaan rata-rata kemampuan berfikir tingkat tinggi siswa yang menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan model outdoor learning.
AbstractionThis study aims to compare the average high-level thinking skills of students with the guided inquiry learning model and the outdoor learning model of class V at MIN 1 Bangkalan. This study uses quantitative research methods with the nonequivalent pretest-posttest control group research design. The researcher compares the two models by testing the comparative hypothesis. The results of hypothesis testing using the two independent sample t-test at the posttest value obtained tcount = 3,223 and ttable = 2,064 with Ho testing criteria accepted if - t table ? tcount itung ttable, and Ho is rejected if tcount ¬> ttable. In this study Ho was rejected and Ha was accepted because he obtained the results of t> t table. thitung = 3,223> table = 2,064. The conclusion of this study is that there are differences in the average level of thinking ability of students who use the guided inquiry learning model and the outdoor learning model.