Detail Karya Ilmiah
-
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN RUPIN (Rumah Pintar) KELAS IV TEMA 6 SUBTEMA 1 SEMESTER 2Penulis : FadillahDosen Pembimbing I : Andika Adinanda Siswoyo, S.Pd., M.PdDosen Pembimbing II :Bagus Rahmad Wijaya, S.Pd., M.PdAbstraksi
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran RUPIN (rumah pintar) yang valid, efektif dan menarik pada pembelajaran Tematik Tema 6 Cita-citaku. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan Borg and Gall. Pengemabangan media ini mengembangkan 4 pembelajaran yaitu pembelajaran 1, pembelajaran 2, pembelajaran 4 dan pembelajaran 5 yang terdapat pada Tema 6 Cita-citaku. Hasil dari penelitian pengembangan ini menunjukkan bahwa: (1) Presentasi tingkat kevalidan media adalah sebesar 71% dengan kriteria valid, bisa digunakan sesudah direvisi kecil yang diperoleh dari- rata-rata persentase gabungan dari ahli media sebesar 84%, ahli desain sebesar 62%, dan ahli materi sebesar 68% . (2) Tingkat kefektifan media berada pada kriteria efektif sebesar 94,25% yang dilihat dari hasil persentase lembar observasi aktivitas guru sebesar 96%, hasil presentase lembar observasi aktivitas siswa sebesar 95,75%, dan ketuntasan klasikal sebesar 95%. (3) persentase kemenarikan media yang terlihat dari hasil angket respon siswa adalah sebesar 95% dengan kriteria sangat menarik. Kata kunci: Media pembelajaran Rupin (rumah pintar) Pembelajaran Tematik Tema 6 Subtema 1
AbstractionThis study aims to develop RUPIN (rumah pintar) media learning which is valid, effective and interesting in learning thematic theme 6 one’s ambition. This study is developing research by using developing model Bord and gall. This developing media is developed 4 learning those are studying1, studying, 2 studying 4 and 5 studying which is exist in 6 theme one’s ambition. The results of this study show that (1) a validity media in degree of presentation is in the amount of 71% with criterion valid. It is able to used after little revising that obtained from the affiliation presentation average from the expert in media is in amount of 84%, expert in design is in amount of 62% and a expert in material is in amount of 68%. (2) the effectiveness of the media is in the effective degree the amount of 94,25% seen from the results of the percentage of teacher activity observation sheets of 96%, the results of the percentage of observation sheets of student activities amounted to 95,75%, and clarity completeness of 91% (3) presentation of interesting media that seems from the result of students inquiry respond is in amount of 95% by fascination criterion. keywords : Rupin (rumah pintar) media learning thematic theme 6 subtheme 1