Detail Karya Ilmiah
-
Pengembangan Media Pembelajaran “LABER”(Laci Belajar) Kelas IV Tema 6 Subtema 1 Pembelajaran 4 UPTD SDN Socah 4Penulis : Winda FatmalasariDosen Pembimbing I : Priyono Tri Febrianto, S.Sos., M.Si.Dosen Pembimbing II :Conny Dain Sumadi S.Pd., M.Pd.Abstraksi
Tujuan penelitian pengembangan ini adalah (1) untuk mengetahui kevalidan pengembangan media pembelajaran LABER (Laci Belajar) dilihat dari validasi ahli (2) untuk mengetahui keefektifan pengembangan media pembelajaran LABER dari hasil belajar siswa (3) untuk mengetahui kemenarikan media laber dilihat dari angket respon siswa. penelitian pengembangan ini menggunakan model Borg and Gall. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, diperoleh hasil bahwa presentasi kevalidan ratarata media pembelajaran LABER sebesar 76% dalam kategori Valid. Keefektifan media pembelajaran LABER diukur dari hasil tes siswa sebesar 80% dalam kategori efektif. Kemenarikan diukur dari presentase hasil angket respon siswa sebesar 85% dengan kategori sangat menarik. Berdasarkan hasil penelitian media LABER valid, efektif, dan menarik digunakan pada tema 6 subtema 1 pembelajaran 4 SDN Socah 4
AbstractionThe purpose of this development research is (1) to find out validity of the development of learning media LABER (Learning Drawer) seen from the validation of experts (2) to determine the effectiveness of development LABER learning media from student learning outcomes (3) to find out the attractiveness of the laber media is seen from the student response questionnaire. research This development uses the Borg and Gall model. Based on the results research conducted, the results obtained that the average validity of LABER learning media presentation by 76% in the Valid category. The effectiveness of LABER learning media is measured from the results of student tests by 80% in the effective category. Withdrawal is measured by percentage the results of student response questionnaire by 85% with a very interesting category. Based on the results of LABER media research is valid, effective, and interesting used on the theme 6 subthemes 1 learning 4 SDN Socah 4