Detail Karya Ilmiah

  • ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA DALAM MEMECAHKAN SOAL HOTS PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SDN BANBARU I SUMENEP
    Penulis : Sintia Nafalia
    Dosen Pembimbing I : Rika Wulandari, S.Pd., M.Pd.
    Dosen Pembimbing II :Aditya Dyah Puspitasari, S.Pd., M.Pd.
    Abstraksi

    Penelitian ini bertujan untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif yang dimiliki siswa dalam memecahkan soal HOTS pada pembelajaran matematika. Metode penelitian yang digunakan. Jenis penelitian ini meruapakan penelitian kualaitatif. Penelitian ini dilakukan di SDN Banbaru I Sumenep dengan subjek penelitian ini adalah adalah siswa kelas V SDN Banbaru I Sumenep tahun pelajaran 2019/2020. Teknik dalam pengambilan subjek menggunakan teknik puposive sampling dan snowball sampling. Pemilihan subjek berdasarkan hasil tes tertulis dan wawancara. Calon subjek yang digunakan sebanyak 6 siswa dan untuk subjek penelitian sebanyak 3 siswa. Pengumpulan data menggunakan soal HOTS untuk mengukur kemampuan berpikir kreatif siswa dalam memcahkan soal HOTS. Teknik analisis data yang digunakan yaituk teknik analisis dari Miles & Hubermen yang meliputi tiga langkah yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kreatif siswa dalam memecahkan soal HOTS pada siswa berkemampuan rendah, sedang, dan tinggi berdasarkan hasil tes tertulis dan wawancara dari keempat aspek kemampuan berpikir kreatif hanya subjek dengan kemampuan tinggi yang dapat memunculkan keempat aspek tersebut. Dari keempat aspek kemapuan berpikir kreatif saling mempengaruhi aspek yang lain terutama aspek kelancaran (fluency).

    Abstraction

    This study aims to find out the creative thinking abilities possessed by students in solving HOTS questionnaire in mathematics learning. The study design used in this study is qualitative. This study was conducted in elementary school of Banbaru 1 Sumenep. The subjects of this study are class V students of 2019/2020 school year. The sampling technique used in this study was purposive and snowball sampling. The recruitment of the subject based on the result of paper based test and interview. Three of six students were pulled as subjects in this study. The data collection was arranged through HOTS questionnaire to measure the students' creative thinking abilities. The data analysis used in this study was adapted from guideline of Miles and Hubermen including three phases which are data reduction, data presentation and conclusion. The result of this study showed that the students' creative thinking abilities in solving HOTS questionnaire was low, medium, and high. According to the result of paper based test and interview from four aspects of creative thinking abilities, only subjects who have high ability that can show those four aspects. From the four aspects of creative thinking ability to affect each other aspects, especially fluency aspects.

Detail Jurnal