Detail Karya Ilmiah
-
DISPOSISI MATEMATIS DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS TINGGI UPTD SDN BANYUAJUH 1Penulis : Yeni FitriyaDosen Pembimbing I : Rika Wulandari, S. Pd., M. Pd.Dosen Pembimbing II :Conny Dian Sumadi, S. Pd., M. Pd.Abstraksi
Disposisi matematis siswa dalam pembelajaran matematika menjadi suatu hal yang penting. Sikap tersebut antara lain kepercayaan diri, ketekunan, tanggung jawab, tidak mudah putus asa, selalu tertarik untuk menyelesaikan soal yang menantang, melakukan refleksi dan mempunyai cara berpikir yang berbeda dalam menyelesaikan soal matematika. Disposisi matematis perlu menjadi perhatian dan ditingkatkan, karena disposisi matematis merupakan faktor utama yang menentukan keberhasilan dalam pembelajaran matematika. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan keadaan disposisi matematis siswa kelas tinggi di UPTD SDN Banyuajuh 1. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan studi kualitatif untuk memperoleh data secara mendalam di lapangan melalui beberapa instrumen yakni peneliti sebagai instrumen utama dan instrumen pendukung berupa angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun hasil penelitian ini menunjukan disposisi matematis peserta didik kelas tinggi di UPTD SDN Banyuajuh 1 sudah masuk dalam kategori baik mulai dari penerapan matematika dalam kehidupan sehari-hari hingga kepercayaan diri peserta didik dan kegigihan dalam mengikuti kegiatan pembelajaran matematika. Namun, beberapa catatan terkait penelitian ini seperti yang terdapat dalam beberapa indikator fleksibiltas, monitoring dan refleksi serta apresiasi matematika dalam budaya yang masih belum muncul dikarenakan adanya faktor kesulitan baik dari guru maupun peserta didik sendiri. Jadi, dalam penelitian ini disposisi matematis peserta didik selain dipengaruhi faktor dari dalam diri peserta didik sendiri seperti minat juga harus didukung dengan adanya faktor luar baik guru maupun lingkungan belajar lainnya seperti model maupun metode pembelajaran. Kata kunci: Disposisi Matematis, Kelas Tinggi, Pembelajaran Matematika
AbstractionThe mathematical disposition of students in learning mathematics becomes an important. That attitude like self-confidence, perseverance, responsibility, not easily discouraged, always interest in solving challenging problems, reflecting and have a different way of thinking to solve mathematical problems. Mathematical disposition needs to be considered and improved, because mathematical disposition is the main factor that determines success in learning mathematics. The purpose of this study is to describe the state of mathematical disposition of high class students in UPTD SDN Banyuajuh 1. This study using qualitative studies to obtain in-depth data in the field through several instruments namely the researcher as the main instrument and supporting instruments in the form of questionnaires, observation, interview and documentation. The results of this study indicate the mathematical disposition of high class students in UPTD SDN Banyuajuh 1 has been included in good categories ranging from the application of mathematics in everyday life to the confidence of students and persistence in participating in learning mathematics. However, some notes related to this research such as those contained in several indicators of mathematical flexibility and appreciation in culture not yet emerged due to the difficulties of both the teacher and students themselves. So, in this study the mathematical disposition of students in addition to being influenced by factors within the students themselves such as interests must also be supported by external factors both teachers and other learning environments such as models and learning method Keywords: Mathematical Disposition, High Class, Mathematics Learning